Repository Universitas Andalas

PENGARUH PEMAKAIAN BEBERAPA JENIS TEPUNG PADA LEVEL BERBEDA TERHADAP NILAI GIZI DAN ORGANOLEPTIK BAKSO ITIK AFKIR

KNS, DETIK RENA (2010) PENGARUH PEMAKAIAN BEBERAPA JENIS TEPUNG PADA LEVEL BERBEDA TERHADAP NILAI GIZI DAN ORGANOLEPTIK BAKSO ITIK AFKIR. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PEMAKAIAN BEBERAPA JENIS TEPUNG PADA LEVEL BERBEDA TERHADAP NILAI GIZI DAN ORGANOLEPTIK BAKSO ITIK AFKIR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (71Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemakaian beberapa jenis tepung pada level berbeda terhadap nilai gizi dan organoleptik bakso itik afkir. Pada penelitian ini digunakan daging itik afkir sebanyak 3600 gram yang berasal dari peternakan itik Anduring, Padang. Pada penelitian ini digunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 9 perlakuan dan 3 ulangan, dimana kelompok dijadikan ulangan. Masing–masing perlakuan tersebut adalah pemakaian tepung tapioka pada level 10% (A), 20% (B), 30% (C), tepung sagu pada level 10% (D), 20% (E), 30% (F), dan penggunaan tepung jagung pada level 10% (G), 20% (H), 30% (I). Variabel yang diukur adalah kadar protein, kadar lemak, dan penilaian organoleptik bakso itik afkir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian tepung tapioka, sagu, dan jagung pada level yang berbeda berpengaruh nyata ( P< 0,05) terhadap kadar protein dan kadar lemak bakso itik afkir. Bakso itik afkir dengan nilai gizi paling baik terdapat pada pemakaian tepung tapioka dan tepung jagung dengan level 10%, sedangkan nilai organoleptik paling baik terdapat pada pemakaian tepung jagung dengan level 30%. Kadar protein yang dihasilkan dalam pembuatan bakso itik afkir ini, masih memenuhi standar yang ditetapkan Badan Standarisasi Nasional (SNI) 01-3818-1995, namun untuk kadar lemak perlakuan dengan pemakaian tepung sagu 10% masih belum memenuhi standar. Uji organoleptik dari pemakaian beberapa jenis tepung dengan level berbeda, berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap warna, rasa dan tekstur bakso itik afkir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Apr 2012 05:36
Last Modified: 24 Apr 2012 05:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17296

Actions (login required)

View Item View Item