Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PEMBAYARAN GANTI RUGI ATAS RISIKO GEMPA BUMI (Studi pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang)

Yanti , Sekfa (2011) PELAKSANAAN PEMBAYARAN GANTI RUGI ATAS RISIKO GEMPA BUMI (Studi pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PEMBAYARAN GANTI RUGI ATAS RISIKO GEMPA BUMI (Studi pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (111Kb) | Preview

Abstract

Setiap manusia dalam kehidupannya akan selalu menghadapi suatu risiko yaitu ketidakpastian suatu peristiwa yang menciptakan kerugian sehingga menimbulkan rasa tidak aman. Salah satu peristiwa yang menyebabkan terjadinya risiko tersebut adalah peristiwa gempa bumi sebagaimana yang melanda kota Padang pada tahun 2009 lalu yang menimbulkan banyak korban jiwa dan menghancurkan bangunan yang ada. Dalam menghadapi kondisi ini, PT. Asuransi Mega Pratama telah menawarkan kepada calon peserta asuransi untuk menjaminkan harta bendanya kepada perusahaan atas suatu perjanjian pertanggungan yang menyangkut risiko gempa bumi dan tsunami. Untuk itu penulis ingin melihat lebih dalam mengenai proses pelaksanaan pembayaran ganti rugi atas risiko gempa bumi ini pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan permasalahan adalah bagaimana proses pelaksanaan pembayaran ganti rugi atas risiko gempa bumi pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang dan kendala apa yang dihadapi oleh PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang dan tertanggung sebagai nasabah dalam pelaksanaan pembayaran ganti rugi atas risiko gempa bumi tersebut. Metode pendekatan masalah yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis sosiologis atau empiris, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan penelitian Penulis, jumlah tertanggung asuransi gempa bumi pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang periode 2008-2011 tercatat sebanyak 259 orang tertanggung, yang mengajukan klaim setelah terjadinya gempa bumi pada 30 september 2009 kemarin sebanyak 33 orang nasabah dan klaim yang dibayarkan sebanyak 31 orang nasabah dengan total nilai bayar/ total klaim sebesar Rp. 1.076.312.355,80. Proses pelaksanaan pembayaran ganti rugi atas risiko gempa bumi pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang adalah dimulai dari terjadinya peristiwa gempa bumi, nasabah kemudian melaporkan kepada pihak asuransi dan mengajukan surat tuntutan ganti rugi. Pihak penanggung menerima laporan dan melakukan penilaian dengan bantuan adjuster mengenai jumlah ganti rugi yang layak dan harus dibayarkan. Apabila nasabah setuju mengenai jumlah klaim yang harus dibayar penanggung, maka surat persetujuan dan nomor rekening nasabah akan dikirim ke kantor pusat beserta nota kredit/pembayaran. Pembayaran dilakukan via transfer langsung dari kantor pusat ke rekening nasabah dalam jangka waktu maksimal 30 hari setelah adanya persetujuan tertulis dari nasabah dan penanggung mengenai jumlah nilai klaim yang akan dibayar. Bukti transfer akan dikirim oleh kantor pusat ke kantor cabang. Kendala yang timbul dalam pelaksanaan pembayaran klaim ini biasanya adalah nasabah kurang memahami polis dan isi dari perjanjian polis, sedangkan kendala yang dihadapi penanggung adalah tertanggung tidak jujur dalam memberikan informasi mengenai jumlah kerugian yang dideritanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 04 Feb 2012 04:40
Last Modified: 04 Feb 2012 04:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17307

Actions (login required)

View Item View Item