Repository Universitas Andalas

PERBANDINGAN ETNOBOTANI UPACARA ADAT BATAGAK PANGHULU MASYARAKAT MINANGKABAU DI SUMATERA BARAT

SUNDARI, WAHYUNI SRI (2011) PERBANDINGAN ETNOBOTANI UPACARA ADAT BATAGAK PANGHULU MASYARAKAT MINANGKABAU DI SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PERBANDINGAN ETNOBOTANI UPACARA ADAT BATAGAK PANGHULU MASYARAKAT MINANGKABAU DI SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (45Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan etnobotani upacara adat batagak panghulu masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat di 3 wilayah, yaitu wilayah darek, rantau dan pasisia dari bulan Maret hingga Juli 2011. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi salah satu langkah awal dalam pengembangan pengetahuan etnobotani. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan cara observasi, wawancara, dan koleksi langsung dilapangan. Data yang dikumpulkan diperoleh dari studi literatur, wawancara, survei lapangan, dan identifikasi jenis tumbuhan dilakukan di Herbarium Universitas Andalas (ANDA). Setelah pengumpulan data, dilakukan pengolahan dan analisis data dengan cara mengklasifikasikan tumbuhan berdasarkan habit dan famili, mengelompokkan kegunaan tumbuhan yang digunakan, penghitungan nilai Use Value (nilai guna), dan penghitungan indeks kesamaan jenis dari tumbuhan tersebut. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapat 25 jenis tumbuhan yang tergolong ke dalam 14 famili yang digunakan dalam upacara adat batagak panghulu masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat. Tingkat pemanfaatan yang paling tinggi berasal dari famili palmae, yaitu pinang (Areca catechu) dengan nilai 0,45. Nilai indeks kesamaan yang tertinggi yaitu antara daerah Kayu Tanam dan Pariaman Utara dengan nilai 96 %, sedangkan yang terendah yaitu antara daerah Limo Puluah Koto dan Lubuk Basung 70 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 04 Feb 2012 04:40
Last Modified: 04 Feb 2012 04:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17309

Actions (login required)

View Item View Item