Repository Universitas Andalas

ANALISA KINERJA KEUANGAN PADA CV SCORPIO KOMUNIKASI DI KENAGARIAN PIOBANG KECAMATAN PAYAKUMBUH KABUPATEN LIMAPULUH KOTA

RAHMAN, ADIPO (2010) ANALISA KINERJA KEUANGAN PADA CV SCORPIO KOMUNIKASI DI KENAGARIAN PIOBANG KECAMATAN PAYAKUMBUH KABUPATEN LIMAPULUH KOTA. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (ANALISA KINERJA KEUANGAN PADA CV SCORPIO KOMUNIKASI DI KENAGARIAN PIOBANG KECAMATAN PAYAKUMBUH KABUPATEN LIMAPULUH KOTA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (102Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November 2010 sampai dengan bulan Januari 2011. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan usaha dan menganalisa kinerja keuangan pada perusahaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi Kasus, pihak perusahaan CV SK dijadikan sebagai sumber data terutama data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait seperti Dinas Perkebunan Kabupaten, Badan Pusat Statistik Sumatera Barat serta Kantor Kecamatan Payakumbuh dan Kantor Wali Nagari Piobang. Data yang digunakan adalah data dari 1 Januari 2009 sampai dengan 31 Desember 2009. Analisis data yang digunakan adalah analisis data Deskriptif Kualitatif dan Analisis Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Pertanian Campuran yang dilakukan oleh CV SK meliputi kegiatan budidaya tanaman kakao, budidaya tanaman pisang, dan juga usaha bibit tanaman kakao unggul dalam satu lahan. Pada CV SK tanaman pisang dipilih sebagai tanaman pelindung untuk tanaman kakao, karena tanaman pisang mudah tumbuh dan serta efisien dan bisa memberikan keuntungan yang tinggi. CV SK hanya memasarkan buah pisang segar. CV SK juga memproduksi biji kakao kering yang telah difermentasi terlebih dahulu sebelum dipasarkan. Untuk usaha bibit kakao unggul, CV SK memasarkan produknya dengan cara dipesan lebih dahulu. Dan dari hasil penilaian berdasarkan SK Men Neg No 215/MBUMN/1999 (lampiran 4) terhadap ratio kinerja keuangan dapat diketahui bahwa nilai kinerja keuangan CV SK selama tahun 2009 tergolong “sehat”, dengan total nilai ratio 36. Rinciannya adalah CAR realisasi 143,43% bernilai 5; WCA realisasi 28,75% bernilai 3; DER realisasi 0,84 bernilai 4,5; ITO realisasi 6,58 bernilai 3; STA realisasi 0,65 bernilai 0; COP realisasi 123 hari bernilai 3; ROE realisasi 44,48% bernilai 5; ROA realisasi 30,96% bernilai 5; dan NPM realisasi 47,71% bernilai 5. Kendatipun tidak semua jenis ratio hasilnya tinggi, namun secara keseluruhan CV SK adalah perusahaan yang likuid dan solvabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 31 Jan 2012 15:34
Last Modified: 31 Jan 2012 15:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17323

Actions (login required)

View Item View Item