Repository Universitas Andalas

Peranan Penyuluh dalam Mendorong Pengembangan Usaha Beternak Puyuh di Kota Payakumbuh dan Sekitarnya

NOVIA, YOSI (2010) Peranan Penyuluh dalam Mendorong Pengembangan Usaha Beternak Puyuh di Kota Payakumbuh dan Sekitarnya. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (Peranan Penyuluh dalam Mendorong Pengembangan Usaha Beternak Puyuh di Kota Payakumbuh dan Sekitarnya ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2453b) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) Karakteristik peternak puyuh di Payakumbuh dan sekitarnya. (b) Bagaimana usaha ternak puyuh dilakukan di Payakumbuh dan sekitarnya. (c) Seberapa besar peranan penyuluh dalam mendorong pengembangan usaha ternak puyuh di Payakumbuh dan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode survey. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan oleh penyuluh yaitu metode pendekatan kelompok dan pendekatan perorangan, sedangkan media yang digunakan adalah media lisan, materi yang diberikan yaitu sesuai dengan yang dibutuhkan peternak dalam peningkatan manajemen produksi serta waktu dan tempat penyuluhan tidak ditentukan. Karakteristik peternak berada pada usia produktif (93,33%), jenis kelamin peternak adalah laki-laki (70,00%), perempuan (30,00%), peternak berstatus kawin (100%),tingkat pendidikan paling tinggi pada tingkat SLTA (60,00%), jumlah tanggungan peternak <5 orang (100%), peternak pada umumnya mempunyai skala usaha kecil (63,34%), pekerjaan utama yaitu beternak (46,67%), lama pengalaman beternak berkisar antara 1-3 tahun (76,67%), 6,66% peternak memiliki pengalaman beternak 3-5 tahun dan 16,67% selama >5th, sedangkan kepemilikan ternak 100% merupakan milik sendiri. Untuk usaha puyuh yang dilakukan, bibit yang digunakan peternak ada dua yaitu fahrent dan bibit lokal, pakan yang diberikan antara lain : dedak, bungkil kelapa, dedak jagung, mineral, untuk kandang digunakan kandang baterai dengan pemeliharaan secara intensif, untuk pencegahan penyakit ND peternak belum bisa menemukan vaksinnya. Kebanyakan peternak masih ada yang menjual hasil ternaknya ke Poultry Shop. Penyuluh sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan peternak yaitu dengan adanya materi – materi yang diberikan penyuluh tentang panca usaha ternak yang dapat dilihat pada persentase tingkat persetujuan diatas 50%. Pada kemampuan peternak dalam pemilihan bibit yang baik sebanyak 98,52% dan pemilihan pakan terdapat sebanyak 87,22%, kemampuan peternak dalam kegiatan pemeliharaan sebanyak 86,44% dan pada kesehatan dan pencegahan penyakit terdapat sebanyak 93,15% dan dalam bidang pemasaran sebanyak 82,22%. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh dan tanggapan yang positif dari peternak dengan adanya peranan penyuluh dalam meningkatkan kemampuan peternak dan berkembangnya usaha peternak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 29 Jan 2012 05:08
Last Modified: 29 Jan 2012 05:08
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17332

Actions (login required)

View Item View Item