Repository Universitas Andalas

GAMBARAN TINGKAT IQ TERHADAP KEMAJUAN TERAPI ANAK AUTISME DI SLB BIMA KOTA PADANG TAHUN 2011

HARIZAL, NOVERY (2011) GAMBARAN TINGKAT IQ TERHADAP KEMAJUAN TERAPI ANAK AUTISME DI SLB BIMA KOTA PADANG TAHUN 2011. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (GAMBARAN TINGKAT IQ TERHADAP KEMAJUAN TERAPI ANAK AUTISME DI SLB BIMA KOTA PADANG TAHUN 2011) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68Kb) | Preview

Abstract

Intelligency Quatient (IQ) dapat mempengaruhi kemajuan terapi anak autisme, semakin tinggi IQ maka semakin cepat kemajuan terapi. Tingkat IQ 19 orang anak autisme di Sekolah Luar Biasa Bina Mandiri Anak (BIMA) Padang yang telah dilakukan tes IQ, anak yang berada pada tingkat IQ high average (rata-rata) 1 orang, Average (rata-rata) 6 orang, low average (di bawah rata-rata) 6 orang, Borderline 2 orang dan 4 orang pada klasifikasi mild mental retardation.Tes IQ yang dilakukan pada anak autisme seringkali tidak akurat, kadang anak yang nilai akademiknya tinggi jika dilakukan tes IQ hasilnya rendah, sebaliknya anak yang nilai akademiknya rendah jika di tes IQ memperoleh nilai yang tinggi.Diduga hal ini disebabkan oleh terbatasnya guru-guru khusus yang mengerti dengan penerapan terapi untuk anak autisme, keterbatasan waktu yang disediakan di sekolah yang seharusnya terapi ini dilakukan minimal 6 jam/hari sedangkan waktu yang dilaksanakan untuk terapi hanya 2-3 jam/hari dan masih kurangnya dukungan orang tua dalam pelaksanaan terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat IQ terhadap kemajuan terapi anak autisme disekolah Luar Biasa BIMA Kota Padang Tahun 2011. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan Oktober 2011. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jumlah sampel 5 orang anak yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Pengolahan data dilakukan secara univariat. Hasil univariat memperlihatkan tidak semua anak yang mempunyai taraf kecerdasan (IQ) rata-rata mengalami kemajuan terapi melebihi dari anak yang taraf kecerdasan (IQ) dibawah rata-rata. Anak yang taraf kecerdasan (IQ) dibawah rata-rata pada umumnya mengalami kemajuan terapi kurang dari separoh, kecuali anak A yang mengalami kemajuan terapi okupasi 50%. Pengelola Yayasan Sekolah Luar Biasa Autisme BIMA Padang dalam menyediakan tenaga pendidik (terapis) agar dapat memperhatikan latar pendidikan terapisnya, sehingga metode terapi yang diterapkan cepat dipahami oleh anak Autisme. Bagi orang tua supaya dapat memberi dukungan dengan mengulangi dirumah materi-materi yang telah di berikan oleh terapis di sekolah, meningkatkan peran serta anaknya pada kegiatan-kegiatan sehari-hari dirumah serta menyiapkan dana lebih agar waktu terapi belajar bisa ditambahkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 29 Jan 2012 05:07
Last Modified: 29 Jan 2012 05:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17344

Actions (login required)

View Item View Item