Repository Universitas Andalas

DAMPAK KONFLIK POLITIK TERHADAP MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT (Studi Kasus Karyawan PT. GRUTI di Desa Sarah Teube Kecamatan Rantau Selamat Kabupaten Aceh Timur Nanggroe Aceh Darussalam)

HAPPY, ASNAN (2010) DAMPAK KONFLIK POLITIK TERHADAP MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT (Studi Kasus Karyawan PT. GRUTI di Desa Sarah Teube Kecamatan Rantau Selamat Kabupaten Aceh Timur Nanggroe Aceh Darussalam). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (DAMPAK KONFLIK POLITIK TERHADAP MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT (Studi Kasus Karyawan PT. GRUTI di Desa Sarah Teube Kecamatan Rantau Selamat Kabupaten Aceh Timur Nanggroe Aceh Darussalam) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90Kb) | Preview

Abstract

Desa Sarah Teube terletak di Kecamatan Rantau Selamat Kabupaten Aceh Timur Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Perubahan mata pencaharian terjadi seiring terjadinya konflik politik yang mengakibatkan ditutupnya perusahaan PT. GRUTI. Perubahan penting yang terjadi pada masyarakat Desa Sarah Teube terutama dalam bidang ekonomi. Orientasi ekonomi masyarakat mulai berubah dan seiring dengan itu, terjadi pula perubahan dalam bidang sosial dan budaya. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana mata pencaharian masyarakat Desa Sarah Teube sebelum dan sesudah terjadinya konflik dan bagaimana dampak konflik politik yang terjadi terhadap mata pencaharian masyarakat Desa Sarah Teube. Sesuai dengan permasalahan di atas maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui mata pencaharian masyarakat Desa Sarah Teube sebelum dan sesudah terjadinya konflik sehingga dapat menganalisis bagaimana dampak konflik politik yang terjadi terhadap mata pencaharian masyarakat Desa Sarah Teube. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Untuk pemilihan informan dilakukan secara purposif sampling. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisis guna menyederhanakan data ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasikan. Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa Mata pencaharian masyarakat Desa Sarah Teube sebelum terjadinya konflik adalah sebagai karyawan di perusahaan PT. GRUTI. Namun saat terjadinya konflik politik di Aceh mesyarakat Desa Sarah Teube merasa aktivitasnya terganggu terutama dalam aktivitas dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga dengan situasi seperti ini masyarakat merasa tidak nyaman dalam bekerja dan memutuskan untuk mencari pekerjaan lain. Namun sebelum hal tersebut terwujud PT. GRUTI sendiri akhirnya ditutup dengan alasan semakin memanasnya konflik sehingga keamanan dalam berproduksi tidak menjamin, dan akhirnya perusahaan memberhentikan para karyawan-karyawannya. Masyarakat desa yang bekerja sebagai karyawan itu akhirnya mendapatkan mata pencaharian lain yaitu sebagai pembuat arang, nelayan, pekerja tambak udang, serta berladang dan bertani. Kesemuanya itu mereka lakukan agar mreka tetap bisa memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari. Dengan kondisi seperti sekarang ini jelas mereka semakin sulit dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:30
Last Modified: 25 Jan 2012 23:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17363

Actions (login required)

View Item View Item