Repository Universitas Andalas

MOTIVASI WISATAWAN MANCANEGARA MELAKUKAN KEGIATAN WISATA (Studi Wisatawan Asing yang Berwisata di Sumatera Barat)

Pertiwi, Dara Indah (2010) MOTIVASI WISATAWAN MANCANEGARA MELAKUKAN KEGIATAN WISATA (Studi Wisatawan Asing yang Berwisata di Sumatera Barat). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (MOTIVASI WISATAWAN MANCANEGARA MELAKUKAN KEGIATAN WISATA (Studi Wisatawan Asing yang Berwisata di Sumatera Barat) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (105Kb) | Preview

Abstract

Pariwisata telah menjadi salah satu industri di dunia, dan merupakan andalan utama dalam menghasilkan devisa di berbagai negara. Begitu juga dengan Negara Indonesia salah satunya adalah Sumatera Barat. Sejak tahun 2005 Pemerintah telah menetapkan Sumatera Barat sebagai salah satu tujuan wisata utama di Indonesia dengan kekayaan, keindahan alam, serta budayanya. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Sumatera Barat melalui Bandara International Minangkabau tahun 2009 mencapai 47.263 orang dibandingkan tahun 2008 yang berjumlah 37.762 orang. Berdasarkan latar belakang tersebut maka yang menjadi rumusan masalah adalah apa yang menjadi motivasi wisatawan mancanegara melakukan kegiatan wisata di Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan Teori fenomenologi, disebabkan orang melakukan tindakan berdasarkan pada pengalaman masa lalu. Pengalaman ini memberikan seperangkat pengetahuan dimana individu menginterpretasikan sesuatu yang menjadi dasar dari tindakannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatatan kualitatif dengan tipe penelitian bersifat deskriptif. Sementara itu, informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi terlibat dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian ddiperoleh kesimpulan bahwa motivasi wisatawan mancanegara melakukan kegiatan wisata ke Sumatera Barat adalah (1) motif internal yakni a). Hobby, sedangkan motif ekternal yakni a). Makanan khas daerah (kuliner), b). Budaya yang unik, c). Harga yang terjangkau. Sedangkan d) motif eksternal yakni e). Pengaruih dari teman serta mendengar dan membaca dari media massa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:30
Last Modified: 25 Jan 2012 23:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17364

Actions (login required)

View Item View Item