Repository Universitas Andalas

EKSPLORASI TANAMAN TEBU ( Saccharum officinarum L. ) DI KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG

R A K H A, R A K H A (2010) EKSPLORASI TANAMAN TEBU ( Saccharum officinarum L. ) DI KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (EKSPLORASI TANAMAN TEBU ( Saccharum officinarum L. ) DI KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (46Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang eksplorasi tanaman tebu di Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat telah di lakukan di Nagari Muaro Bodi, Mundam, Palangki, Koto Baru, Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2010. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi jumlah genotipe yang ada di Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung yang kemudian dijadikan koleksi dan mengetahui kadar lignoselulosa pada genotipe yang didapatkan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan pengambilan sampel (tebu) berupa pemaparan ciri morfologi. Pengambilan sampel dilakukan dengan pengumpulan data beberapa genotipe tebu dengan pengamatan dan pengumpulan data langsung dengan pemotretan dan mencatat data penampakan morfologi genotipe tebu yang ditemukan. Dari hasil penelitian didapatkan lima genotipe tebu yang dibudidayakan di Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung yaitu tebu Hitam, tebu Betung Kecil, tebu Kapur, tebu Udang, dan tebu Kuning. Tebu hasil eksplorasi di Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung memiliki sistim kekerabatan yang jauh dengan tebu pembanding di PT. Laju Perdana Indah, terutama dengan genotipe GPS95-287. Kadar selulosa pada setiap genotipe tebu hasil eksplorasi di Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung secara keseluruhan lebih tinggi dari genotipe tebu yang dikembangkan oleh PT. Laju Perdana Indah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agronomy
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:30
Last Modified: 25 Jan 2012 23:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17368

Actions (login required)

View Item View Item