Repository Universitas Andalas

ANALISIS ATRIBUT PRODUK PADA INDUSTRI DODOL KENTANG KARYA MANDIRI DI KECAMATAN SIULAK KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI

HARPA, WANIKE (2011) ANALISIS ATRIBUT PRODUK PADA INDUSTRI DODOL KENTANG KARYA MANDIRI DI KECAMATAN SIULAK KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS ATRIBUT PRODUK PADA INDUSTRI DODOL KENTANG KARYA MANDIRI DI KECAMATAN SIULAK KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (114Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan selama tiga bulan mulai Desember 2010 sampai Februari 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan produk industri dodol kentang Karya Mandiri dan menganalisis atribut produk industri dodol kentang Karya Mandiri dengan produk sejenis yang dihasilkan pesaing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus (Case Study). Metode pengambilan sampel yang digunakan accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25 orang yaitu konsumen yang membeli dodol kentang yang diproduksi oleh industri dodol kentang Karya Mandiri, pedagang pengecer dan pemilik industri. Data yang diperoleh dijadikan data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi terkait seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kerinci, Badan Pusat Statistik Kabupaten Kerinci. Dari hasil penelitian diketahui bahwa produk yang dihasilkan industri dodol kentang Karya Mandiri ini termasuk produk konsumsi. Selain dikonsumsi sendiri, konsumen menjadikan dodol kentang ini sebagai oleh-oleh. Hal ini dilihat dari alasan konsumen membeli produk ini. Walaupun tahan hingga satu bulan tetapi pihak industri tidak menggunakan bahan pengawet, baik untuk warna, aroma maupun rasa dari produk ini. Dari segi penampilan, produk ini hanya memiliki satu bentuk yaitu berbentuk balok. Untuk membedakan produknya dengan produk pesaing yang sejenis, pihak industri menggunakan kemasan kotak bersablon dalam memasarkan produknya dengan menggunakan merek Karya Mandiri. Dari hasil analisis atribut produk diketahui bahwa kualitas warna, aroma, rasa, daya tahan, tekstur, penampilan dan keamanan dari produk industri dodol kentang Karya Mandiri sudah baik. Kemasan yang digunakan cukup baik, walaupun merek yang digunakan mudah diingat, diucapkan dan diterjemahkan ke dalam bahasa asing tetapi desain kemasan kurang rapi dan kurang bersih, kombinasi warna kurang jelas dan kemasan tidak tahan lama. Pelabelan produk ini kurang baik, karena penulisan nama dan huruf belum dicetak dengan baik. Warna simbol (logo) hampir sama dengan warna kemasan dan informasi produk pada desain label kurang lengkap. Berhubung produk industri ini merupakan produk lama, sebaiknya industri memproduksi dodol kentang dengan berbagai jenis dalam bentuk yang baru atau berbeda dari sebelumnya. Disamping itu pada penelitian ini disarankan kepada pihak industri dodol kentang Karya Mandiri untuk memperhatikan dan memperbaiki atribut kemasan dan label kemasan. Pada label kemasan sebaiknya dicantumkan informasi mengenai berat bersih, merek dan tanggal kadaluwarsa (expire date).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:29
Last Modified: 25 Jan 2012 23:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17376

Actions (login required)

View Item View Item