Repository Universitas Andalas

ANALISA DEFLEKSI LATERAL TIANG GRUP PADA TANAH LEMPUNG LUNAK DENGAN SOFTWARE LPILE PLUS 4.0

RIDHWAN, MUHAMMAD (2010) ANALISA DEFLEKSI LATERAL TIANG GRUP PADA TANAH LEMPUNG LUNAK DENGAN SOFTWARE LPILE PLUS 4.0. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (ANALISA DEFLEKSI LATERAL TIANG GRUP PADA TANAH LEMPUNG LUNAK DENGAN SOFTWARE LPILE PLUS 4.0) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (130Kb) | Preview

Abstract

Tiang pancang selain dirancang menahan beban aksial, juga harus dirancang dengan memperhitungkan beban lateral yang antara lain berupa tekanan tanah pada dinding penahan, beban angin,beban gempa, dan beban benturan dari kapal. Gaya lateral yang terjadi pada tiang bergantung pada kekakuan atau tipe dari tiang itu sendiri, jenis tanah, penanaman ujung tiang kedalam pelat penutup kepala tiang, sifat gaya-gaya dan besarnya defleksi. Pada penelitian ini tanah yang digunakan adalah tanah kohesif yaitu lempung lunak. Di lapangan, pondasi tiang pancang bisa terpasang pada kondisi bebas atau jepit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kapasitas tahanan lateral dan defleksi tiang pancang kelompok ujung bebas dan jepit pada tiang kaku ataupun tidak kaku pada tanah kohesif. Pada analisa ini menggunakan dua metoda yaitu metoda analisis dengan metode Broms (1964) sedangkan metoda numerik menggunakan software LPile Plus 4.0. Dari kedua metoda ini sama-sama akan menghasilkan suatu grafik hubungan antara tahanan lateral dan defleksi atau grafik p-y. Adapun hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu perbandingan antara dua metoda yaitu metoda analisis dan metoda numerik. Dari kedua metoda ini kita dapat mengetahui perilaku tiang kelompok untuk jenis tiang pendek (kaku) dan, tiang panjang (tidak kaku) pada kondisi ujung bebas dan ujung jepit terhadap defleksi dan tahanan tanah sebagai akibat beban lateral yang terjadi pada tanah lempung lunak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:28
Last Modified: 25 Jan 2012 23:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17381

Actions (login required)

View Item View Item