Repository Universitas Andalas

EKSPLORASI DAN IDENTIFIKASI KARAKTER FENOTIPIK TANAMAN ENAU (Arenga pinnata Merr.) DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

NELZA, AZFANI (2010) EKSPLORASI DAN IDENTIFIKASI KARAKTER FENOTIPIK TANAMAN ENAU (Arenga pinnata Merr.) DI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (EKSPLORASI DAN IDENTIFIKASI KARAKTER FENOTIPIK TANAMAN ENAU (Arenga pinnata Merr.) DI KABUPATEN PESISIR SELATAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (56Kb) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Eksplorasi dan Identifikasi Karakter Fenotipik Tanaman Enau (Arenga pinnata Merr.) di Kabupaten Pesisir Selatan” telah dilaksanakan pada bulan April 2011 sampai bulan Juli 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakter fenotipik, untuk melihat korelasi antar karakter kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara survei dimana pengambilan aksesi dilakukan secara sengaja (purposive sampling) artinya aksesi diambil berdasarkan kriteria yang dikehendaki oleh peneliti, yaitu dengan kriteria tanaman enau sudah memasuki fase generatif (sedang berbuah). Untuk mengetahui kekerabatan antar aksesi tanaman enau digunakan program NTSYSpc 2.02i, sedangkan untuk mengetahui luas atau sempitnya variabilitas fenotip yang diamati dilakukan analisis varians fenotip. Dari hasil analisis kekerabatan yang ditunjukan pada dendogram dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif menunjukan adanya hubungan kekerabatan 22 aksesi tanaman enau dengan kemiripan 12% - 39%. Untuk kekerabatan berdasarkan data kualitatif menunjukan kemiripan sebesar 36% - 100% sedangkan untuk data kuantitatif menunjukan kemiripan 9% - 38%. Keragaman antara beberapa karakter baik dari data kualitatif dan data kuantitatif umumnya menunjukan kriteria sempit dan korelasi beberapa karakter berdasarkan data kuantitatif ada yang berkorelasi positif dan negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agronomy
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:27
Last Modified: 25 Jan 2012 23:27
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17395

Actions (login required)

View Item View Item