Repository Universitas Andalas

PENGARUH PENAMBAHAN MIKROKAPSUL MINYAK IKAN TERHADAP KARAKTERISTIK CAIRAN RUMEN (pH, VFA, NH3) SECARA IN-VITRO

PERDANA, SANDRA (2011) PENGARUH PENAMBAHAN MIKROKAPSUL MINYAK IKAN TERHADAP KARAKTERISTIK CAIRAN RUMEN (pH, VFA, NH3) SECARA IN-VITRO. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PENAMBAHAN MIKROKAPSUL MINYAK IKAN TERHADAP KARAKTERISTIK CAIRAN RUMEN (pH, VFA, NH3) SECARA IN-VITRO) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (58Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level penambahan mikrokapsul minyak ikan yang optimal dan tidak mengganggu karakteristik cairan rumen (pH, VFA, NH3) secara in-vitro. Penelitian ini menggunakan ransum yang terdiri dari 60% rumput lapangan dan 40% kosentrat yang terdiri dari : dedak halus, bungkil kelapa, bungkil kedelei, jagung giling dan top mix. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 7 macam perlakuan yang terdiri dari 3 kelompok pengambilan cairan rumen. Ketujuh perlakuan ini yaitu A : Ransum kontrol, B : Ransum kontrol + 4 % Mikrokapsul minyak ikan(MMI), C : Ransum kontrol + 8 % MMI, D : Ransum kontrol + 12 % MMI, E : Ransum kontrol + 0.8 % Minyak ikan(MI), F : Ransum kontrol + 1.6 % MI, G : Ransum kontrol + 2.4 % MI. Peubah yang diamati : derajat keasaman (pH), kadar produksi VFA dan kadar produksi NH3 cairan rumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap pH, VFA dan NH3 cairan rumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penambahan mikrokapsul minyak ikan sampai 12% dalam formulasi ransum tidak mengganggu karakteristik cairan rumen (pH, VFA, NH3) secara in-vitro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:25
Last Modified: 25 Jan 2012 23:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17414

Actions (login required)

View Item View Item