Repository Universitas Andalas

EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KAKAO (Studi Pada Kelompok Tani Awan Bajuntai Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman)

JUNIARDI, EGY (2010) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KAKAO (Studi Pada Kelompok Tani Awan Bajuntai Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman). Masters thesis, Program Pascasarjana Unand.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KAKAO (Studi Pada Kelompok Tani Awan Bajuntai Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (150Kb) | Preview

Abstract

Kecamatan V Koto Kampung Dalam merupakan salah satu sentra kakao di Kabupaten Padang Pariaman. Pada tahun 2006, Kecamatan V Koto Kampung Dalam ditetapkan oleh pemerintah sebagai lokasi program pengembangan kakao dengan masa pengembangan selama lima tahun (2006 – 2010). Namun peningkatan produktifitas kakao ini cendrung fluktuatif dan belum mencapai rata-rata produktifitas nasional yaitu 1,1 ton/ha/tahun. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas implementasi program dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk mengukur efektivitas program adalah dengan membandingkan pencapaian sasaran outcome program dengan tujuan program. Program dikatakan efektif apabila pencapaian sasaran dan dampak outcome program mendukung pencapaian tujuan program. Tujuan program ini adalah meningkatkan kesejahteraan petani kakao melalui peningkatan pendapatan dari peningkatan produktifitas kakao. Efektivitas implementasi program ini menggunakan pendekatan perspektif outcome, suatu program dikatakan berhasil kalau program tersebut menghasilkan dampak seperti yang diharapkan. Indikator output dan outcome program digunakan untuk mengukur efektivitas implementasi program. Implementasi program dikatakan efektif apabila kegiatan yang dilaksanakan dapat mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Pencapaian implementasi program tersebut selanjutnya akan mempengaruhi efektivitas program secara keseluruhan. Pendekatan metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, untuk mengungkap informasi dan fenomena yang berkaitan dengan implementasi output dan outcome program. Pemilihan lokasi penelitian didasarkan pada keberadaan Kelompok Tani Awan Bajuntai Kecamatan V Koto Kampung Dalam sebagai pelaksana program. Data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah hasil observasi lapangan, wawancara dengan informan terpilih dan dokumen yang terkait dengan kegiatan program. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa dari 5 (lima) jenis kegiatan implementasi output program, 3 (tiga) jenis kegiatan dapat mencapai sasaran yang ditetapkan. Sebaliknya impelementasi outcome program tidak dapat mencapai sasaran yang ditetapkan. Tidak tercapainya sasaran outcome program tersebut, selanjutnya juga mengakibatkan tidak tercapainya tujuan program. Dengan kondisi tersebut, dari perbandingan pencapaian sasaran outcome program dengan tujuan program dapat disimpulkan bahwa program tidak efektif. Berdasarkan analisis efektivitas implementasi program, faktor – faktor yang paling dominan mempengaruhi berdasarkan teori Grindle adalah berdasarkan isi kebijakan meliputi 1) kepentingan kelompok sasaran, 2) implementator yang telah dirinci dengan jelas dan 3) sumberdaya pendukung yang memadai) dan berdasarkan konteks implementasi meliputi 1) kekuasaan,kepentingan dan strategi implementasi, 2) karakteristik institusi atau rezim yang berkuasa, 3) tingkat kepatuhan dan responsivitas kelompok sasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:24
Last Modified: 25 Jan 2012 23:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17420

Actions (login required)

View Item View Item