Repository Universitas Andalas

EKSPLORASI DAN IDENTIFIKASI TANAMAN ENAU (Arenga pinnata Merr.) DI KABUPATEN TANAH DATAR BERDASARKAN KARAKTER FENOTIPIK

YUSWIL, FAMELLA (2011) EKSPLORASI DAN IDENTIFIKASI TANAMAN ENAU (Arenga pinnata Merr.) DI KABUPATEN TANAH DATAR BERDASARKAN KARAKTER FENOTIPIK. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (EKSPLORASI DAN IDENTIFIKASI TANAMAN ENAU (Arenga pinnata Merr.) DI KABUPATEN TANAH DATAR BERDASARKAN KARAKTER FENOTIPIK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (82Kb) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai “Eksplorasi dan Identifikasi Tanaman Enau (Arenga pinnata Merr.) di Kabupaten Tanah Datar Berdasarkan Karakter Fenotipik” telah dilakukan dari bulan Maret 2011 sampai Juni 2011 di empat kecamatan yaitu Sungayang, Salimpaung, Rambatan, dan X Koto. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dimana pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan informasi awal tentang keragaman fenotipik tanaman enau yang terdapat di Kabupaten Tanah Datar dan untuk mendapatkan karakter-karakter fenotipik dari tanaman yang memiliki potensi produksi. Hasil penelitian menunjukan keragaman yang terdapat di Kabupaten Tanah Datar mempunyai keragaman fenotipik yang luas terhadap data kuantitatif dan sempit terhadap data kualitatifnya. Analisis kekerabatan pada 41 aksesi menunjukan terdapat kemiripan sebesar 13%-50% berdasarkan data kuantitaif dan kualitatif, berdasarkan data kuantitatif menunjukan kemiripan sebesar 4%-31% sedangkan pada data kualitatif kemiripannya sebesar 35%-100%. Kolerasi fenotipik antar data kuantitatif menunjukan hubungan saling berkorelasi positif pada beberapa karakter sedangkan data kuantitaif terhadap ketinggian tempat tidak berkorelasi. Berdasarkan potensi produksi nira ditemukan kadar sukrosa tertinggi yaitu 17 brix pada akasesi sgy3 (sungayang 3).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agronomy
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:23
Last Modified: 25 Jan 2012 23:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17434

Actions (login required)

View Item View Item