Repository Universitas Andalas

STRATEGI PEMASARAN KERIPIK BALADO “UCI” DIKOTA PADANG

YOLANDA, MIKE (2011) STRATEGI PEMASARAN KERIPIK BALADO “UCI” DIKOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (STRATEGI PEMASARAN KERIPIK BALADO “UCI” DIKOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (61Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan pada usaha keripik balado “UCI”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil dan bauran pemasaran serta mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal untuk merumuskan strategi pemasaran usaha keripik balado “UCI” di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Pengambilan responden dilakukan secara sengaja (purposive) dan spontanitas (accidental). Data yang dikumpulkan adalah data primer dan skunder. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode SWOT untuk merumuskan strategi pemasaran usaha. Berdasarkan hasil penelitian usaha keripik balado “UCI” selama tahun 2006-2010, terlihat aspek permodalan meningkat dengan menambah beberapa peralatan produksi dan tenaga kerja. Pemberian upah pada tenaga kerja melalui dua metode yaitu metode upah langsung dan metode tunjangan tambahan. Pimpinan menetapkan harga pada usaha keripik balado “UCI” menggunakan harga jual sesuai dengan harga pesaing di pasaran dan belum menetapkan potongan pembelian, sedangkan pembayaran yang dilakukan kepada pengecer adalah konsinyasi. Pendistribusian yang dilakukan usaha keripik balado “UCI” dengan distribusi langsung dan tidak langsung. Berdasarkan alternatif strategi yang didapat oleh usaha keripik balado “UCI” maka untuk mencapai tujuannya itu mempertahankan usaha, strategi yang dipilih adalah a) strategi produk yaitu memperbaiki kemasan menjadi lebih menarik dan melengkapi keterangan batas kadaluarsa pada kemasan; b) strategi distribusi yaitu menambah jumlah pedagang pengecer yang belum bekerja sama dengan usaha; dan c) strategi promosi yaitu melakukan kegiatan promosi yang baik dan terencana untuk menambah lokasi pemasaran. Usaha keripik balado “UCI” diharapkan dapat memperbaiki semua kelemahan yang menjadi faktor penyebab turunnya penjualan produk, serta dapat melaksanakan strategi pemasaran yang telah ditetapkan dengan melakukan pertimbangan yang sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal usaha agar tujuan usaha keripik balado “UCI” mempertahankan usaha dimasa akan datang dapat terwujud.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:21
Last Modified: 25 Jan 2012 23:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17442

Actions (login required)

View Item View Item