Repository Universitas Andalas

PENGARUH AGEN HAYATI TERHADAP SERAPAN HARA NITROGEN (N) dan KALIUM (K) TITONIA (Tithonia diversifolia) PADA ULTISOL

RIO , RIO (2011) PENGARUH AGEN HAYATI TERHADAP SERAPAN HARA NITROGEN (N) dan KALIUM (K) TITONIA (Tithonia diversifolia) PADA ULTISOL. Other thesis, Fakultas Pertanian..

[img]
Preview
PDF (PENGARUH AGEN HAYATI TERHADAP SERAPAN HARA NITROGEN (N) dan KALIUM (K) TITONIA (Tithonia diversifolia) PADA ULTISOL ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (64Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sebagian besar lahan pertanian di Indonesia didominasi oleh tanah-tanah yang mempunyai kesuburan rendah, salah satu diantaranya adalah Ultisol. Tanah Ultisol mempunyai kandungan bahan organik yang rendah, unsur hara makro seperti P dan K yang sering kahat,reaksi tanah masam hingga sangat masam serta kejenuhan Al yang tinggi. Untuk memperbaiki sifat kimia tanah Ultisol dapat dilakukan dengan menghasilkan bahan organik insitu. Salah satu tanaman penghasil bahan organik yang dapat memperbaiki sifat Ultisol yaitu Titonia (Tithonia diversifolia). Titonia (Tithonia diversifolia) merupakan gulma tahunan famili Asteraceae yang dapat tumbuh baik pada semua jenis tanah dan memiliki kandungan hara yang cukup tinggi. Tingginya kandungan hara titonia disebabkan adanya peranan mikroba yang hidup berasosiasi pada rhizosfir titonia. Untuk menentukan seberapa besar potensi mikroba pada rhizosfir titonia, perlu dilakukan uji efektivitas simbiotik inokulan dengan cara menginokulasikan kembali (reinokulasi) pada rhizosfir titonia. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Limau Manis Padang. Analisis tanah dan tanaman dilaksanakan di Laboratorium P3IN Universitas Andalas Padang. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan dengan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah : A = Mikoriza + Azotobacter + Azosprilium + BPF + JPF, B = Mikoriza + Azotobacter + Azosprilium + BPF, C = Mikoriza + Azotobacter + Azosprilium, D = Mikoriza + Azotobacter, E = Mikoriza, F = Kontrol. Hasil penelitian diuji secara statistik dengan uji F, bila berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5 %. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan kombinasi agen hayati terbaik dalam meningkatkan biomass dan kadar hara titonia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gabungan inokulan jamur dan bakteri yang tepat guna meningkatkan pertumbuhan dan kandungan hara titonia adalah inokulasi dengan mikoriza tunggal. Inokulasi dengan Mikoriza tunggal mampu meningkatkan hasil di atas 200% yaitu : bahan kering sekitar 215 %, untuk hasil serapan hara N sekitar 264 % dan 258 % hasil serapan hara K jika dibandingkan terhadap kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:19
Last Modified: 25 Jan 2012 23:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17464

Actions (login required)

View Item View Item