Repository Universitas Andalas

PENGARUH PARAMETER PROSES TERHADAP KUALITAS GEOMETRIK HASIL PEMBUBUTAN POROS IDLER DENGAN PENDEKATAN TAGUCHI

NURHASAN, NURHASAN (2011) PENGARUH PARAMETER PROSES TERHADAP KUALITAS GEOMETRIK HASIL PEMBUBUTAN POROS IDLER DENGAN PENDEKATAN TAGUCHI. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PARAMETER PROSES TERHADAP KUALITAS GEOMETRIK HASIL PEMBUBUTAN POROS IDLER DENGAN PENDEKATAN TAGUCHI ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (82Kb) | Preview

Abstract

Abstrak Kualitas merupakan sebuah hal yang menjadi acuan dalam menentukan suatu produk dapat diterima atau tidak. Upaya dalam mendapatkan kualitas yang baik, membutuhkan sebuah penelitian yang rumit dan panjang untuk mengetahui parameter-parameter yang mempengaruhi kualitas suatu produk, sehingga memakan biaya dan waktu cukup besar. Kualitas tidak lagi untuk diuji tetapi harus didesain kedalam produk itu sendiri sehingga semua produk yang dihasilkan dapat memenuhi spesifikasi geometri yang diinginkan. Metoda Taguchi merupakan metoda yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut karena dalam metoda ini dibahas secara detail mengenai proses perancangan dan pengujian produk yang optimal sebelum diaplikasikan dalam produksi sebenarnya. Produk poros idler yang merupakan hasil industri kecil dan menengah Sumatera Barat belum sepenuhnya mempunyai kualitas yang diinginkan oleh pemesan sehingga produk impor lebih diminati untuk mengisi kebutuhan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UKM dalam mengembangkan kualitas produk yang dihasilkan. Dari penelitian yang dilakukan didapat beberapa nilai parameter yang terbaik untuk proses pembubutan poros idler agar sesuai dengan spesifikasi geometri yang diinginkan yaitu kebulatan dan toleransi diameter. Diantara beberapa parameter terbaik dilakukan analisis untuk menentukan parameter optimal yang akan dibuat menjadi produk jadi yang mana setelah dilakukan pengujian kualitas, produk tersebut memenuhi spesifikasi yang ditentukan. Pendekatan Taguchi ini juga menghasilkan analisis untuk mendapatkan faktor-faktor utama yang mempengaruhi kualitas dari produk yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:19
Last Modified: 25 Jan 2012 23:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17467

Actions (login required)

View Item View Item