Repository Universitas Andalas

ANALISA KANDUNGAN MINYAK ATSIRI PADA RIMPANG TANAMAN JAHE ( Zingiber Officinale Rosc ) YANG DI INDUKSI DENGAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA ( FMA )

SYAHRIANDI, ABDUL (2011) ANALISA KANDUNGAN MINYAK ATSIRI PADA RIMPANG TANAMAN JAHE ( Zingiber Officinale Rosc ) YANG DI INDUKSI DENGAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA ( FMA ). Other thesis, Fakultas Farmasi.

[img]
Preview
PDF (ANALISA KANDUNGAN MINYAK ATSIRI PADA RIMPANG TANAMAN JAHE ( Zingiber Officinale Rosc ) YANG DI INDUKSI DENGAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA ( FMA )) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (59Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan analisa kandungan minyak atsiri tanaman jahe (Zingiber Officinale Rosc) yang diinduksi dengan Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA). Jahe diinduksi dengan FMA saat penanaman dan tanaman kontrol tidak diinduksi dengan FMA. Selama sebilan bulan jahe di lakukan perawatan dan pemeliharaan. Pada usia Sembilan bulan rimpang tanaman jahe didestilasi untuk mendapatkan minyak atsirinya. Hasil rendemen yang didapat 0,21% jahe bermikoriza dan 0,12% jahe tanpa mikoriza. Refraktometer digunakan untuk menentukan kemurnian minyak atsiri berdasarkan nilai indeks biasnya. Nilai indeks bias yang didapat adalah1,486. Untuk analisa kandungan metabolit sekunder minyak atsiri digunakan Gas Chromatography–Mass Spectrometry (GC-MS). Hasil analisa metabolit sekunder yang minyak atsiri dari jahe yang diinduksi dengan mikoriza dan tanpa diinduksi mikoriza yang diperoleh terdapat perbedaan secara kualitatif dan kuantitatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Fakultas Farmasi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Jan 2012 09:11
Last Modified: 25 Jan 2012 09:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item View Item