Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN PARITAS DAN USIA MENARCHE DENGAN USIA MENOPAUSE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2011

HUSNA, HUMDATUL (2010) HUBUNGAN PARITAS DAN USIA MENARCHE DENGAN USIA MENOPAUSE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2011. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN PARITAS DAN USIA MENARCHE DENGAN USIA MENOPAUSE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2011 ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (53Kb) | Preview

Abstract

WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa di dunia penyakit kardiovaskuler merupakan sebab kematian terbesar pada populasi usia 65 tahun ke atas dengan jumlah kematian lebih banyak di negara berkembang. Diperkirakan penyakit kardiovaskuler merupakan 50% sebab kematian di negara industri maju dan ¼ kematian di negara berkembang. Penyakit kardiovaskuler yang paling banyak dijumpai pada lansia adalah penyakit jantung koroner, hipertensi, serta penyakit jantung pulmonik. Hipertensi sering ditemukan pada lansia dan biasanya tekanan sistolenya yang meningkat. Menurut batasan hipertensi yang dipakai sekarang ini, diperkiran 23% wanita dan 14% pria berusia lebih dari 65 tahun menderita hipertensi. Berdasarkan pendahuluan didapatkan diketahui bahwa proporsi kebiasaan merokok responden lebih banyak yang merokok yaitu 36 orang (57,1 %). kebiasaan minum alcohol responden lebih banyak yang tidak minum alcohol yaitu 46 orang (73 %). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Gaya Hidup Lanjut Usia Dengan Kejadian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kinali Kabupaten Pasam Barat Tahun 2011. Desain penelitian adalah cross sectional study. Waktu penelitian bulan Januari– November 2011. Populasi adalah seluruh lansia yang ada di wilayah kerja puskesmas kinali yang berada di Kabupaten Pasaman Barat yaitu 3.809 orang. Teknik pengambilan sampel secara purposive random sampling, jumlah sampel 63 orang. Analisis dengan Chi-Square test. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini didapatkan bahwa proporsii kejadian hipertensi lansia lebih banyak yang hipertensi yaitu 37 orang (58,7 %). kebiasaan olah raga yang baik yaitu sebanyak 63,9 % kebiasaan makan yang tidak baik, yaitu 49,2 % kebiasaan merokok yaitu sebanyak 57,1 %. Diharapkan pada Usia 60 tahun keatas lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari dan melakukan olah raga teratur.Keluarga lebih berperan dalam memperhatikan kebiasaan usia lanjut sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 09:10
Last Modified: 25 Jan 2012 09:10
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17527

Actions (login required)

View Item View Item