Repository Universitas Andalas

PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP KESEHATAN (Studi Kasus: Pemahaman Masyarakat Kelurahan Aua Tajungkang Tangah Sawah, Bukittinggi yang Pernah Menderita Penyakit DBD)

BETHALIA, BETHALIA (2011) PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP KESEHATAN (Studi Kasus: Pemahaman Masyarakat Kelurahan Aua Tajungkang Tangah Sawah, Bukittinggi yang Pernah Menderita Penyakit DBD). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP KESEHATAN (Studi Kasus: Pemahaman Masyarakat Kelurahan Aua Tajungkang Tangah Sawah, Bukittinggi yang Pernah Menderita Penyakit DBD)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini berisi pendeskripsian pengetahuan kesehatan masyarakat Kelurahan Aua Tajungkang Tangah Sawah yang pernah menderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Karena pada tahun 2010 kasus DBD merupakan kasus yang paling banyak terjadi di kelurahan tersebut dibandingkan dengan 3 kelurahan yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Perkotaan Rasimah Ahmad. DBD merupakan kasus yang baru di Bukittinggi, untuk membuat lingkungan tempat tinggal bersih dan terhindar dari nyamuk demam berdarah maka masyarakat yang ada dalam lingkungan tempat tinggal tersebut harus mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai kesehatan pada umumnya dan penyakit DBD pada khususnya sehingga bisa melakukan suatu tindakan seperti pencengahan penyakit demam berdarah. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengetahuan kesehatan masyarakat Kelurahan Aua Tajungkang Tangah Sawah yang pernah menderita penyakit DBD, dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku kesehatan masyarakat Kelurahan Aua Tajungkang Tangah Sawah yang pernah menderita penyakit DBD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik purposive. Dari hasil pengumpulan data baik data primer dan data sekunder, diketahui bahwa pengetahuan kesehatan masyarakat yang pernah menderita DBD pada awalnya tidak mengetahui apa penyebab dari DBD mereka mengetahuinya setelah menderita penyakit tersebut dan berusaha mencari tahu apa penyebab penyakit DBD. Banyak faktor yang mempengaruhi pengetahuan di dalam masyarakat. Salah satunya faktor lingkungan dan mempunyai peran yang besar dalam mempengaruhi pengetahuan kesehatan masyarakat. Pengetahuan kesehatan masyarakat biasa akan berbeda dengan petugas kesehatan karena masyarakat biasa hanya mengetahuinya sesuai dengan pengalaman dan dilihat dalam kehidupan sehari-harinya. Pengetahuan kesehatan masyarakat tersebut akan berhubungan dengan perilaku kesehatannya karena masyarakat akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki dan dengan pengalaman yang dimilikinya juga. Sehingga apabila melakukan pengobatan sendiri di rumah, pengobatan tersebut dilakukan dengan pengetahuan yang seadanya saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 24 Jan 2012 14:38
Last Modified: 24 Jan 2012 14:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17547

Actions (login required)

View Item View Item