Repository Universitas Andalas

PROSES SOSIAL TERBENTUKNYA PASAR TRADISIONAL (Studi Komparatif Pasar Pagi Parak Laweh dan Pasar Pagi Pulau Aia Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang)

AKBAR, AMRUL (2010) PROSES SOSIAL TERBENTUKNYA PASAR TRADISIONAL (Studi Komparatif Pasar Pagi Parak Laweh dan Pasar Pagi Pulau Aia Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (PROSES SOSIAL TERBENTUKNYA PASAR TRADISIONAL (Studi Komparatif Pasar Pagi Parak Laweh dan Pasar Pagi Pulau Aia Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (96Kb) | Preview

Abstract

Pasar tidak hanya merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli, tetapi juga merupakan sarana tempat terjadinya interaksi antara warga masyarakat sebagai tempat pembauran dan pusat informasi. Sumatera Barat merupakan provinsi yang memiliki banyak pasar, ini dikarenakan kebiasaan orang Sumatera Barat adalah berdagang. Kota Padang khususnya merupakan kota yang memiliki perkembangan pasar cukup pesat, ini terlihat dari masih adanya pasar yang belum dikelola oleh pemerintah. Hal ini banyak terjadi akibat tingginya tingkat kebutuhan masyarakat. Gempa yang terjadi di Sumatera Barat tanggal 30 September 2009 telah banyak merusak fungsi pasar-pasar yang ada karena sarana dan prasarana yang hancur dan rusak akibat gempa. Salah satu pasar yang berdiri pasca gempa 30 September 2009 adalah Pasar Pagi Pulau Aia, sedangkan sebelumnya telah ada juga Pasar Pagi di kelurahan yang sama. Dari penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana proses sosial terbentuknya Pasar Tradisional Parak Laweh dan Pasar Pulau Aia di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses sosial terbentuknya pasar Parak Laweh dan Pasar Pulau Aia Kelurahan Parak Laweh; dan mendeskripsikan komperatif mekanisme pengelolaan Pasar Pulau Aia dan Pasar Parak Laweh di Kelurahan Parak Laweh, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang. Penelitian ini menggunakan teori proses sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi serta wawancara mendalam. Hasil penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa proses terbentuknya pasar pagi Parak Laweh dan Pulau Aia merupakan sebuah proses sosial. Di mana proses sosial ini dibagi atas dua bentuk yaitu proses sosial yang bersifat assosiatif dan proses sosial yang bersifat disasosiatif. Mekanisme pengelolaan Pasar Parak Laweh terdiri dari parkir dan keamanan; retribusi pasar; bangunan dan kebersihan; dan rotasi pasar. Mekanisme pengelolaan Pasar Pulau Aia terdiri dari parkir dan keamanan; retribusi pasar; bangunan dan kebersihan pasar; dan rotasi pasar. Sedangkan yang menjadi perbedaan (komperatif) dari Pasar Parak Laweh dengan Pasar Pulau Aia Kelurahan Parak Laweh, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang adalah perkembangan dari kedua pasar tersebut terdapat perbedaan yang signifikan, dimana Pasar Parak Laweh lebih maju dibandingkan Pasar Pulau Aia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Jan 2012 14:38
Last Modified: 24 Jan 2012 14:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17552

Actions (login required)

View Item View Item