Repository Universitas Andalas

KEANEKARAGAMAN HYMENOPTERA PARASITOID PADA PERTANAMAN PADI KONVENSIONAL DAN SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION (SRI)

MULIANI, SISKA SRI (2010) KEANEKARAGAMAN HYMENOPTERA PARASITOID PADA PERTANAMAN PADI KONVENSIONAL DAN SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION (SRI). Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (KEANEKARAGAMAN HYMENOPTERA PARASITOID PADA PERTANAMAN PADI KONVENSIONAL DAN SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION (SRI) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (56Kb) | Preview

Abstract

Metode SRI (System of Rice Intensification) secara umum menganut konsep hemat air, hemat pupuk, hemat benih dan faktor produksi lainnya. Perubahan cara bertanam padi konvensional ke SRI mengakibatkan perubahan iklim mikro yang berpengaruh terhadap ekologi serangga. Tujuan penelitian mempelajari kekayaan, kemerataan dan keanekaragaman Hymenoptera parasitoid berdasarkan umur tanaman padi dan lokasi pengambilan sampel pada pertanaman padi konvensional dan System of Rice Intensification (SRI). Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan metode pengambilan sampel Purposive Random Sampling. Koleksi serangga dengan menggunakan jaring serangga dan nampan kuning. Data hasil penelitian ditabulasi dan dianalisis menggunakan indeks keanekaragaman Shannon-Wienner dan indeks kemerataan Simpson’s. Hasil penelitian menunjukkan kelimpahan Hymenoptera parasitoid pada pertanaman padi konvensional ditemukan sebanyak 139 individu yang tergolong pada 22 spesies dan 8 famili. Pada pertanaman padi SRI ditemukan 261 individu yang terdiri dari 25 spesies dan 10 famili. Kelimpahan dan jumlah spesies Hymenoptera parasitoid pada pertanaman padi SRI lebih tinggi dibandingkan dengan pertanaman padi konvensional, sedangkan nilai kemerataan dan keanekaragaman Hymenoptera parasitoid lebih tinggi pada pertanaman padi konvensional daripada pertanaman padi SRI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Jan 2012 14:37
Last Modified: 24 Jan 2012 14:37
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17553

Actions (login required)

View Item View Item