Repository Universitas Andalas

GAMBARAN PERIODONTITIS PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO PADANG TAHUN 2011

ANDRISYAH, RINI (2010) GAMBARAN PERIODONTITIS PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO PADANG TAHUN 2011. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (GAMBARAN PERIODONTITIS PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO PADANG TAHUN 2011 ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62Kb) | Preview

Abstract

Kehamilan menyebabkan terjadinya perubahan fisiologis pada semua sistem tubuh termasuk pada sistem endokrin, salah satunya terjadi peningkatan hormon estrogen dan progesteron di mulut dan gigi. Hal ini berdampak pada meningkatnya vaskularisasi sehingga pembuluh darah lebih permeabel terhadap iritan lokal. Akibatnya gigi dan gusi jadi lebih bengkak, mudah berdarah, dan nyeri. Sayangnya periodontitis jarang mendapat perhatian dari penderita karena gejalanya yang tidak terlalu mengganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi frekuensi periodontitis pada ibu hamil dengan melihat distribusi frekuensi kejadian periodontitis, derajat periodontitis, jenis periodontitis, dan periodontitis berdasarkan usia kehamilan di wilayah kerja Puskesmas Nanggalo Kota Padang Tahun 2011. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional study dengan jumlah responden 118 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan kuisioner dengan indeks CPITN. Dilakukan analisis univariat dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 84,7% responden mengalami periodontitis, 42,0% responden periodontitis mengalami periodontitis derajat dua, 64,0% responden periodontitis mengalami periodontitis apikal, dan 54,8% responden yang periodontitis derajat 2 dengan usia kehamilan trimester kedua. Dari uji statistik dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden memiliki status kesehatan periodontal yang buruk. Untuk itu disarankan kepada perawat atau petugas kesehatan untuk lebih meningkatkan promosi tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut selama hamil dengan memberikan informasi pada masyarakat dan mengajak ibu-ibu yang merencanakan hamil atau yang lagi hamil agar segera memeriksakan kesehatan giginya jika terdapat gangguan pada gigi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Keperawatan
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Jan 2012 14:36
Last Modified: 24 Jan 2012 14:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17562

Actions (login required)

View Item View Item