Repository Universitas Andalas

TANDA BUDAYA MELAYU DALAM NOVEL MARYAMAH KARPOV, MIMPI-MIMPI LINTANG: SUATU KAJIAN SEMIOTIK

MULIA, FITRA (2011) TANDA BUDAYA MELAYU DALAM NOVEL MARYAMAH KARPOV, MIMPI-MIMPI LINTANG: SUATU KAJIAN SEMIOTIK. Other thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF (TANDA BUDAYA MELAYU DALAM NOVEL MARYAMAH KARPOV, MIMPI-MIMPI LINTANG: SUATU KAJIAN SEMIOTIK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua alasan utama. Pertama, judul novel memiliki potensi ungramatikalitas, sehingga layak dikaji menggunakan pendekatan semiotik. Kedua, novel sarat dengan tanda-tanda yang mengindikasikan identitas kebudayaan Melayu Belitung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemaknaan heuristik terhadap tanda budaya Melayu dalam novel Maryamah Karpov Mimpi-mimpi Lintang, (2) mendeskripsikan pemaknaan hermeneutik terhadap tanda budaya Melayu dalam novel Maryamah Karpov Mimpi-mimpi Lintang. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pengumpulan data, analisis dan penyajian hasil analisis. Pada tahap pengumpulan data, menggunakan metode kualitatif dengan teknik penelusuran kepustakaan. Selanjutnya, dianalisis secara induktif dengan menggunakan pendekatan semiotik Riffaterre, yang diawali dengan pembacaan heuristik, dan disempurnakan melalui pembacaan hermeneutik. Operasi semiotik Riffaterre ini pada akhirnya menghasilkan pemaknaan yang utuh dan mendalam, melalui korelasi antar sistem tanda. Hasil analisis data disajikan secara deskriptif menggunakan kutipan-kutipan penunjang dari sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kata Maryamah Karpov sebagai pusat pemaknaan memunculkan hubungan makna yang lekat dengan kebudayaan Melayu, sekaligus Islam sebagai identitas dasar yang tidak terpisahkan darinya; (2) orang Melayu Belitung memiliki watak khas kebudayaan yang terbuka, dinamis, diplomatis; komunikatif, ahli negosiasi, senang bersosialisasi; berjiwa toleran; lekat dengan kebersamaan, persaudaraan, kekeluargaan; apresiatif; metaforis; memiliki selera humor yang tinggi; namun cenderung skeptis atau tidak mudah percaya; menjunjung harga diri dan martabat keluarga dan kampung halaman; serta memiliki sisi mistis yang tinggi yaitu kepercayaan terhadap alam gaib, terutama Islam sebagai tuntunan hidup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 21 Jan 2012 15:18
Last Modified: 21 Jan 2012 15:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17578

Actions (login required)

View Item View Item