Repository Universitas Andalas

PERAN BERBAGAI JENIS TANAMAN TUMPANGSARI DALAM PENGELOLAAN HAMA UTAMA DAN PARASITOIDNYA PADA KUBIS BUNGA ORGANIK

ELDRIADI, YANDRI (2010) PERAN BERBAGAI JENIS TANAMAN TUMPANGSARI DALAM PENGELOLAAN HAMA UTAMA DAN PARASITOIDNYA PADA KUBIS BUNGA ORGANIK. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PERAN BERBAGAI JENIS TANAMAN TUMPANGSARI DALAM PENGELOLAAN HAMA UTAMA DAN PARASITOIDNYA PADA KUBIS BUNGA ORGANIK ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (94Kb) | Preview

Abstract

Tanaman tumpangsari yang berbeda dapat memiliki peran yang berbeda dalam mengelola serangga hama dan parasitoidnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tanaman tumpangsari terbaik yang dapat mengurangi populasi hama utama pada kubis bunga organik, peningkatan populasi parasitoidnya, dan meningkatkan produksi kubis bunga. Penelitian dilakukan di Aie Angek Kec. X Koto Kabupaten Tanah Datar dari bulan Agustus sampai November 2010. Rancangan Acak Kelompok (RAK) digunakan dengan 6 perlakuan dan 6 kelompok. Data dianalisis dengan menggunakan ANOVA dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Perlakuan kubis bunga monokultur (kontrol), kubis bunga tumpangsari dengan daun bawang, tomat, cabai merah, seledri, dan wortel. Tomat merupakan tanaman tumpang sari yang efektif dalam menekan populasi C. pavonana dan P. xylostella dengan persentase yang rendah pada tanaman yang terinfeksi serta intensitas kerusakan, dan meningkatkan tingkat parasitisasi D. semiclausum. Tomat dan cabai merah merupakan tanaman tumpangsari mampu menekan populasi P. xylostella. Cabai merah mampu meningkatkan tingkat parasitisasi E. argenteopilosus dan Sturmia spp. Seledri dapat meningkatkan tingkat parasitasi Sturmia spp, Parasitoid hitam, dan D. semiclausum. Wortel dapat meningkatkan tingkat parasitasi D. semiclausum dan hasil kubis bunga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 20 Jan 2012 15:10
Last Modified: 20 Jan 2012 15:10
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17615

Actions (login required)

View Item View Item