Repository Universitas Andalas

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN MEROKOK PADA REMAJA PUTRI DI KELURAHAN JATI KOTA PADANG TAHUN 2010

HARDALENA, NOVA SENI (2010) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN MEROKOK PADA REMAJA PUTRI DI KELURAHAN JATI KOTA PADANG TAHUN 2010. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN MEROKOK PADA REMAJA PUTRI DI KELURAHAN JATI KOTA PADANG TAHUN 2010 ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (116Kb) | Preview

Abstract

Konsumsi rokok merupakan salah satu penyebab gangguan kesehatan yang berkembang sangat cepat di dunia, di Sumatera Barat berdasarkan Survei Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia (SKRRI) remaja wanita yang merokok pada saat ini adalah 0,9% melebihi indikator nasional (0,8 %). Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan tingkat pengetahuan, sikap, peran orang tua, pengaruh lingkungan, dan pengaruh stress dengan tindakan merokok remaja putri di Kelurahan Jati Kota Padang. Penelitian ini menggunakan desain Cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh remaja putri berumur 18 – 24 tahun yang tinggal di Kelurahan Jati Kota Padang. Jumlah sampel 47 responden, teknik pengambilan sampel dengan cara multistage random sampling . Variabel independen adalah tingkat pengetahuan, sikap, peran keluarga, pengaruh lingkungan, dan pengaruh stress. Variabel dependen adalah tindakan merokok remaja putri. Hasil penelitian ini didapatkan pengetahuan responden tinggi, sikap responden pada umumnya negatif. Tidak ada peran keluarga, pengaruh lingkungan, dan pengaruh stress terhadap tindakan merokok. Terdapat hubungan antara sikap dengan tindakan merokok ( p = 0.000), terdapat hubungan antara pengaruh lingkungan terhadap tindakan merokok ( p = 0.000 ), serta ada hubungan antara pengaruh stress terhadap tindakan merokok ( p = 0,000 ). Tidak terdapat hubungan antara peran keluarga terhadap tindakan merokok ( p = 0,154). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa didapat hubungan yang bermakna antara sikap, pengaruh lingkungan, dan pengaruh stress terhadap tindakan merokok remaja putri. Disarankan kepada remaja putri yang merokok diharapkan mencoba berhenti merokok dan tidak mengajak teman-temannya untuk merokok, dan remaja yang tidak merokok diharapkan untuk jangan pernah sekali-kali mecoba dan memulai merokok serta selektif dalam memilih teman bergaul dan perilaku yang diadopsi baik itu di lingkungan keluarga, sekolah, budaya, dan teman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 20 Jan 2012 15:09
Last Modified: 20 Jan 2012 15:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17622

Actions (login required)

View Item View Item