Repository Universitas Andalas

KONFLIK KEJIWAAN TOKOH KUMAJAS DALAM NOVEL KUMALA PUSAKA KASIH (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

PRASCILLYA, MEGIA (2010) KONFLIK KEJIWAAN TOKOH KUMAJAS DALAM NOVEL KUMALA PUSAKA KASIH (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (KONFLIK KEJIWAAN TOKOH KUMAJAS DALAM NOVEL KUMALA PUSAKA KASIH (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (80Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konflik kejiwaan yang dialami tokoh Kumajas. Kurangnya perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tua membuat Kumajas tidak bisa lagi menghormati orang tuanya. penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana bentuk konflik kejiwaan yang dialami tokoh utama dalam novel Kumala Pusaka Kasih, (2) Mendeskripsikan penyebab dan akibat konflik kejiwaan yang dialami tokoh Kumajas, (3) Mengetahui bagaimana solusi atas konflik kejiwaan yang dialami tokoh Kumajas. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pengumpulan data, analisis dan penyajian hasil analisis. Pada tahap pengumpulan data, menggunakan metode kualitatif dengan teknik penelusuran kepustakaan. Selanjutnya, dianalisis dengan menggunakan pendekatan psikologi karya yang dibantu dengan analisis intrinsik novel. Hasil analisis data disajikan secara deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan hasil analisis dan kutipan-kutipan dari sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Tokoh Kumajas mengalami konflik kejiwaan, karena kurangnya perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya. (2) Bentuk konflik kejiwaan yang dialami tokoh Kumajas, yaitu dengan menuntut kasih sayang kepada kedua orang tuanya, (3) Penyebab konflik kejiwaan yang dialami tokoh Kumajas, yaitu kurangnya perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tua, meninggalnya kakek, dan ketidakharmonisan keluarga, (4) Akibat dari konflik yang dialami tokoh Kumajas, yaitu timbulnya dendam, membunuh Bapak dan Ibu, dan timbulnya mimpi (5) Solusi dari konflik kejiwaan tokoh Kumajas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Jan 2012 14:36
Last Modified: 24 Jan 2012 14:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17629

Actions (login required)

View Item View Item