Repository Universitas Andalas

PENENTUAN AKUMULASI Technetium-99 Metastabil Methylene Diphosphonat (Tc99m MDP) MENGGUNAKAN TEKNIK ROI PADA TULANG PANGGUL KIRI DARI PASIEN KANKER PROSTAT (Studi Kasus di Instalasi Kedokteran Nuklir RS Pusat Pertamina Jakarta)

FARDELA, RAMACOS (2010) PENENTUAN AKUMULASI Technetium-99 Metastabil Methylene Diphosphonat (Tc99m MDP) MENGGUNAKAN TEKNIK ROI PADA TULANG PANGGUL KIRI DARI PASIEN KANKER PROSTAT (Studi Kasus di Instalasi Kedokteran Nuklir RS Pusat Pertamina Jakarta). Other thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
PDF (PENENTUAN AKUMULASI Technetium-99 Metastabil Methylene Diphosphonat (Tc99m MDP) MENGGUNAKAN TEKNIK ROI PADA TULANG PANGGUL KIRI DARI PASIEN KANKER PROSTAT (Studi Kasus di Instalasi Kedokteran Nuklir RS Pusat Pertamina Jakarta) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (45Kb) | Preview

Abstract

Penelitian penentuan akumulasi Technetium-99 metastabil Methylene diphosphonat (Tc99m MDP) menggunakan teknik ROI pada tulang panggul kiri dari pasien kanker prostat di RSPP jakarta telah dilakukan dengan jumlah pasien 10 orang. Instrumentasi nuklir yang digunakan adalah kamera gamma dual head Skylight ADAC Phillips untuk pencitraan dan akuisisi data, dose calibrator untuk mengukur aktivitas dosis injeksi pada pasien. Metode yang digunakan untuk penentuan akumulasi dosis radiasi adalah teknik ROI, sebagai peningkatan akuisisi data pada kamera gamma. Paparan radiasi didapatkan dari cacahan TLD-100 yang dibaca menggunakan TLD-reader model 2000 A dan B. Hasil menunjukkan (1) Rerata (mean) akumulasi dosis radiasi radiofarmaka Tc99m MDP di dalam cuplikan tulang panggul kiri (0,0388 ± 0,01644). Teknik ROI dapat digunakan untuk menentukan aktivitas dosis radiofarmaka, yang nantinya dapat mendiagnosis metastasis kanker ke tulang. Korelasi aktivitas dosis injeksi (mCi) terhadap akumulasi dosis Tc99m MDP ditunjukkan dengan persamaan garis Y = 0,0074X – 0,0653 (2)Rerata (mean) paparan radiasi interna pada tulang panggul diperoleh dari TLD-100 yaitu (0,3303± 0,23986) mSv, hasil belum dapat menggambarkan peningkatan akumulasi dosis radiasi pada organ yang diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Fisika
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Fisika
Fakultas MIPA > Fisika
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Jan 2012 14:35
Last Modified: 24 Jan 2012 14:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17633

Actions (login required)

View Item View Item