Repository Universitas Andalas

IMPLEMENTASI PENURUNAN SUKU BUNGA DANA PIHAK KETIGA TERHADAP KEGIATAN OPERASIONAL PADA BANK NAGARI CABANG PADANG

Mazda, Yolanda Aksari (2010) IMPLEMENTASI PENURUNAN SUKU BUNGA DANA PIHAK KETIGA TERHADAP KEGIATAN OPERASIONAL PADA BANK NAGARI CABANG PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PENURUNAN SUKU BUNGA DANA PIHAK KETIGA TERHADAP KEGIATAN OPERASIONAL PADA BANK NAGARI CABANG PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (74Kb) | Preview

Abstract

Salah satu sumber dana bank yang amat berperan bagi kelangsungan kegiatan operasional bank adalah dana yang terkumpul dari pihak ketiga seperti Tabungan, Giro, dan Deposito. Oleh karena itu sebuah bank memiliki kepentingan yang sangat besar terhadap harga dari ketiga sumber tersebut yaitu suku bunga. Suku bunga yang ada dalam perekonomian sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia yang dalam hal ini berperan sebagai pelaksana kebijakan moneter. Meskipun dalam penetapannya telah mempertimbangkan berbagai factor ekstern dan intern dalam perekonomian, namun tetap saja perubahan suku bunga kadang membawa dampak terhadap kegiatan perbankan. Dengan penurunan suku bunga dana pihak ketiga ini diharapkan perbankan dapat menyalurkan kredit ke sektor-sektor produktif dan untuk menggerakkan indikator (sektor) rill. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimanakah Implementasi Penurunan Suku Bunga Dana Pihak Ketiga pada Bank Nagari, 2. Bagaimanakah dampak dari penurunan suku bunga dana pihak ketiga terhadap kegiatan operasional Bank Nagari, 3. Bagaimana upaya Bank Nagari untuk mengatasi dampak penurunan suku bunga dana pihak ketiga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian yang dilakukan lansung ke lapangan untuk memperoleh data primer. Sedangkan sifat penelitian adalah Deskriptif Analitif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan yang nyata mengenai Implementasi Penurunan Suku Bunga Dana Pihak Ketiga pada Bank Nagari. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1. Implementasi penurunan suku bunga dana pihak ketiga pada Bank Nagari telah diterapkan secara benar dan konsisten dan diharapkan akan terus seperti itu. 2. Dampak penurunan suku bunga dana pihak ketiga terhadap kegiatan operasional Bank Nagari tidak berdampak terlalu besar karena Bank Nagari selalu mengacu pada BI Rate dan menetapkan suku bunga sesuai dengan pangsa pasar. Hanya saja mungkin kesulitan nya datang pada nasabah yang mungkin banyak tergiur pada suku bunga yang tinggi dan beralih kepada bank-bank lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Jan 2012 14:34
Last Modified: 24 Jan 2012 14:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17640

Actions (login required)

View Item View Item