MURSYIDAH AWALIYAH , ESI and ZARNI ZAMZAHAR, ZARNI and ELIZA ANAS, LIZA
(2012)
PENGARUH PELATIHAN PERILAKU CARING PADA PERAWAT PELAKSANA TERHADAP KEMAMPUANNYA MENERAPKAN PERILAKU CARING DI RUANGAN RAWATINAP RSUD SOLOK TAHUN 2012.
Penelitian
.
Abstract
Perilaku caring merupakan bagian yang esensial dan fokus sentral dari praktek keperawatan, sehingga kemampuan penerapan perilaku caring harus dimiliki oleh seorang perawat profesional untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, salah satu caranya yaitu dengan pelatihan perilaku caring. Di RSUD Solok kemampuan penerapan perilaku caring perawat pelaksana ditemukan masih mempunyai kategori kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penerapan perilaku caring pada perawat pelaksana yang diberikan pelatihan perilaku caring dengan yang tidak diberikan pelatihan perilaku caring. Jenis penelitian ini pretest-posttest dengan control group, sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 90 orang yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk masing-masing komponen penerapan perilaku caring menggunakan uji Wilkokson, dengan hasil untuk perbedaan tiap-tiap kemampuan (conceptual skill, human skill, technical skill) diperoleh nilai p < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan kemampuan penerapan perilaku caring antara perawat pelaksana yang diberikan pelatihan perilaku caring dengan yang tidak diberikan pelatihan perilaku caring.
Kata kunci : Perilaku caring, Kemampuan penerapan perilaku caring
Caring behavior is an essential part and the central of nursing practice, so that the applicability of caring behavior must be owned by a professional nursing to improve the quality of nursing services, one way is by training caring behavior. In hospitals Solok the applicability of nursing caring behaviors have found a poor category. This study aims to determine differences between the caring behaviors applicability of the nursing have trained the caring behaviors and have not given training the caring behavior. The type of study is pretest-posttest with a control group, samples were using a purposive sampling technique with a sample of 90 individuals who were divided into experimental and control groups. For each component of the application caring behaviors are using the wilkokson test, with results for each differences in the ability (conceptual skills, human skills, technical skills) obtained the value of p < 0.05, which means there are differences in the ability of the caring behaviors application among nurses who are trained the caring behaviors and are not given in the caring behavior training in.
Key words: caring behaviors, caring behavior of the application capabilities
Actions (login required)
|
View Item |