Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN TENAGA PENOLONG PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ABAI KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN

afderi citra, deri (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN TENAGA PENOLONG PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ABAI KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN. penelitian, Falkutas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (156Kb) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi terjadinya kematian ibu dan bayi adalah kemampuan dan keterampilan penolong persalinan. Angka persalinan yang ditolong oleh tenaga dukun di Kabupaten Solok Selatan masih tinggi, salah satu puskesmas yang tertinggi terdapat di Puskesmas Abai yang mencapai 50,6%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan tenaga penolong persalinan. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study yang di lakukan di Kenagarian Abai Kecamatan Sangir Batang Hari. Penelitian dimulai pada bulan November 2010 – Januari 2012. Waktu pengumpulan data dilakukan pada tanggal 7 – 14 Desember 2011 dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang. Data dikumpulkan dengan cara pengisian angket. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara komputerisasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa 51,2 % pengetahuan ibu rendah, 50,0 % sikap ibu positif, 58,5% tingkat ekonomi ibu tinggi, 56,1 % mengikuti tradisi persalinan, 41,5% pendidikan ibu rendah, 52,4% memilih non nakes sebagai tenaga penolong persalinan. Didapatkan hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan, sikap, tingkat ekonomi dan tradisi dengan pemilihan tenaga penolong persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Abai Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan tahun 2011 dengan nilai p < 0,05. Diharapkan bagi tenaga kesehatan untuk lebih meningkatkan penyuluhan tentang pentingnya persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, hal ini terkait karena masih rendahnya pengetahuan dan masih banyak yang mengikuti tradisi orangtuanya memilih tenaga non kesehatan sebagai penolong persalinan. Disarankan pula bagi peneliti selanjutnya untuk menggali fenomena mengapa masih banyak ibu hamil yang memilih penolong persalinan bukan tenaga kesehatan. Kata Kunci : Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan tenaga penolong persalinan.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Vindy Adiguna S.Kom
Date Deposited: 16 Sep 2012 09:28
Last Modified: 16 Sep 2012 09:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17902

Actions (login required)

View Item View Item