Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN LANJUT USIA (LANSIA) KE POSYANDU LANSIA DI RW 03 KURAO PAGANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO KEC. NANGGALO PADANG TAHUN 2010

YENITA MISMAR MASBIRAN, MISMAR MASBIRAN (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN LANJUT USIA (LANSIA) KE POSYANDU LANSIA DI RW 03 KURAO PAGANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO KEC. NANGGALO PADANG TAHUN 2010. Penelitian, Fakultas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (126Kb) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah lanjut usia di Indonesia dari tahun ke tahun ini dapat menimbulkan dampak terhadap kesehatan di masa datang dan kebutuhan terhadap pelayanan. Oleh karena itu harus dilaksanakan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini dengan baik, diantaranya dengan meningkatkan pemanfaatan posyandu lansia. Berdasarkan data dua tahun terakhir jelas terlihat bahwa pencapaian cakupan pelayanan lansia di Puskesmas Nanggalo masih rendah khususnya di Posyandu lansia di RW 03 Kelurahan Kurao Pagang merupakan posyandu yang terendah tingkat kunjungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan lansia ke posyandu di RW 03 Kurao Pagang Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Kec. Nanggalo Padang pada bulan Maret 2010. Desain penelitian yang digunakan adalah korelatif dengan pendekatan cross sectional stud, populasi adalah seluruh lansia yang berkunjung ke Posyandu RW 03 Kelurahan Kurao Pagang Nanggalo Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo selama enam bulan terakhir dengan jumlah 53 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang bermakna tingkat pengetahuan lansia dengan tingkat kunjungan lansia ke posyandu (p = 0.000), hubungan yang bermakna antara sikap kunjungan lansia ke posyandu lansia (p = 0.023), hubungan yang bermakna antara dukungan petugas kesehatan dengan kunjungan lansia ke posyandu lansia (p = 0.029), hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan kunjungan lansia ke posyandu lansia (p = 0.000), hubungan yang bermakna antara jarak dengan kunjungan lansia ke posyandu lansia (p = 0.007), hubungan yang bermakna antara sarana dengan kunjungan lansia ke posyandu lansia (p = 0.000). Berdasarkan hasil penelitian maka diharap bagi petugas kesehatan agar dapat memberikan penyuluhan dan bagi keluarga lansia agar dapat memotivasi lansia dengan mengingatkan jadwal kegiatan posyandu dan bagi peneliti selanjutnya agar meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi kunjungan lansia ke posyandu.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 15 Sep 2012 11:13
Last Modified: 15 Sep 2012 11:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17928

Actions (login required)

View Item View Item