Repository Universitas Andalas

GAMBARAN PERBEDAAN TANDA-TANDA VENTILATOR ASSOCIATED PNEUMONIA (VAP) HARI I DAN HARI III PADA KLIEN DENGAN VENTILASI MEKANIK YANG DILAKUKAN PENGISAPAN SEKRET ENDOTRAKHEAL DI ICU RS DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2011

DALLY RAHMAN, RAHMAN (2011) GAMBARAN PERBEDAAN TANDA-TANDA VENTILATOR ASSOCIATED PNEUMONIA (VAP) HARI I DAN HARI III PADA KLIEN DENGAN VENTILASI MEKANIK YANG DILAKUKAN PENGISAPAN SEKRET ENDOTRAKHEAL DI ICU RS DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2011. Penelitian, fakultas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (276Kb) | Preview

Abstract

Ventilator Associated Pneumonia (VAP) didefenisikan sebagai pneumonia yang terjadi 48 jam atau lebih setelah ventilator mekanik diberikan. Insiden VAP di RS Dr. M. Djamil Padang tahun 2010 adalah 15,52%. Insiden ini masih tinggi jika dibandingkan dengan RS lain yang mencapai hanya 9%.Tindakan keperawatan yang dapat mencegah terjadinya VAP adalah pengisapan sekret endotrakheal. Akan tetapi, hasil dari tindakan ini belum dievaluasi dengan menggunakan alat ukur terstandar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perbedaan tanda-tanda Ventilator Associated Pneunonia (VAP) hari I dan hari III pada klien dengan ventilasi mekanik yang dilakukan pengisapan sekret endotrakheal di ICU RS. Dr. M. Djamil Padang tahun 2011. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Jumlah sampel 15 orang responden yang menggunakan ventilasi mekanik selama minimal 3 hari yang diambil secara Accidental Sampling, dengan menggunakan Simplified Version of CPIS sebagai alat ukur. Uji statistik menggunakan uji t-berpasangan. Dari penelitian didapatkan adanya perbedaan yang bermakna tanda-tanda Ventilator Associated Pneunonia (VAP) hari I dan hari III dengan p=0,048 (<0,05). Diharapkan Simplified Version of CPIS dapat dimasukkan dalam protap pengelolaan pasien dan penilaian tindakan pengisapan sekret endotrakeal. Kata Kunci : Ventilator Associated Pneumonia, Pengisapan Sekret Endotrakheal, Simplified Version of CPIS.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 22 Sep 2012 03:03
Last Modified: 22 Sep 2012 03:03
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item