Repository Universitas Andalas

PENGARUH TERAPI WEWANGIAN MINYAK ESSENSIAL BUNGA MAWAR (ROSE) DENGAN CARA INHALASI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI DI RUANGAN BEDAH RSUD SOLOK TAHUN 2011

ARFINES , YUSTIN (2011) PENGARUH TERAPI WEWANGIAN MINYAK ESSENSIAL BUNGA MAWAR (ROSE) DENGAN CARA INHALASI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI DI RUANGAN BEDAH RSUD SOLOK TAHUN 2011. Penelitian, Fakultas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (333Kb) | Preview

Abstract

Pembedahan adalah pengalaman yang sulit dan harus dijalani hampir semua pasien dan sering menimbulkan kecemasan terkait dengan segala macam prosedur asing yang harus dijalani pasien serta ancaman terhadap keselamatan jiwa. Salah satu solusi dalam intervensi di bidang keperawatan adalah terapi non farmakologi menggunakan wewangian minyak essensial bunga mawar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari pemberian terapi wewangian minyak essensial bunga mawar dengan cara inhalasi terhadap tingkat kecemasan pasien pre operasi di ruangan bedah RSUD Solok tahun 2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan desain pretest dan posttest one group. Jumlah responden 21 orang. Analisa data statistik yang digunakan adalah wilcoxon signet ranged test. Pengumpulan data dilakukan menggunakan 7 item kecemasan DASS 21. Hasil penelitian menunjukan nilai median pretest sebesar 13 dan nilai median posttest sebesar 6. Terdapat pengaruh dari pemberian terapi wewangian minyak essensial bunga mawar dengan cara inhalasi terhadap tingkat kecemasan pada pasien pre operasi dengan nilai 0,000 (p < 0,05). Perawat dapat menyarankan penggunaan terapi minyak essensial bunga mawar pada pasien pre operasi yang mengalami kecemasan sebagai salah satu alternatif terapi non farmakologi dalam mengurangi kecemasan, sehingga resiko lanjut dari gangguan kecemasan dapat dicegah dan secara tidak langsung juga dapat membantu meningkatkan status kesehatannya. Kata kunci: Kecemasan, Pre operasi, Terapi wewangian, Essensial bunga mawar.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 01 Oct 2012 14:51
Last Modified: 01 Oct 2012 14:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/18017

Actions (login required)

View Item View Item