Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN STATUS GIZI LANSIA DENGAN ANGKA KEJADIAN REUMATHOID ARTRITIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAKANDANGAN KAB. PADANG PARIAMAN TAHUN 2010

CHAIRIDHA , WANY (2011) HUBUNGAN STATUS GIZI LANSIA DENGAN ANGKA KEJADIAN REUMATHOID ARTRITIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAKANDANGAN KAB. PADANG PARIAMAN TAHUN 2010. Penelitian, Fakultas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (81Kb) | Preview

Abstract

Rematoid Atritis merupakan salah satu penyakit degeneratif yang paling sering diderita oleh lansia, yang mana penyakit ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, tetapi ada pendapat yang mengatakan bahwa status gizi berhubungan dengan rematoid atritis. Telah dilakukan penelitian tentang “Hubungan Status Gizi Lansia Dengan Angka Kejadian Rematoid Atritis’ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi lansia dengan angka kejadian rematoid atritis. Jenis penelitian ini adalah metode analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sampel berjumlah 85 orang yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan lembaran observasi untuk mengetahui status gizi lansia dan angka kejadian rematoid atritis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa status gizi lansia paling banyak adalah status gizi lebih sebesar 44,7%, dan sebagian besar lansia menderita rematoid atritis sebanyak 63,5%, terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi lansia dengan angka kejadian rematoid atritis dengan nilai p = 0,001. Disarankan bagi Puskesmas Pakandangan agar dapat meningkatkan pembentukan posyandu lansia disetiapa desa, melengkapi sarana dan prasarana serta lebih giat dalam memotivasi lansia yang berkunjung ke posyandu sehingga bisa meningkatkan kualitas harapan hidup lansia . Kata kunci : status gizi lansia, angka kejadian rematoid atritis Kepustakaan : 22 (2002-2008)

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 01 Oct 2012 15:01
Last Modified: 01 Oct 2012 15:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/18021

Actions (login required)

View Item View Item