METHA KEMALA, RAHAYU
(2011)
PENGALAMAN HIDUP ORANGTUA ANAK PENYANDANG AUTIS SETELAH BERHASIL DITERAPI DI SEKOLAH
AUTIS DI KOTA PADANG TAHUN 2010.
Penelitian, Fakultas Keperawatan
.
Abstract
Setiap orangtua yang memiliki anak penyandang autis namun telah berhasil diterapi memiliki pengalaman hidup yang beragam. Pengalaman ini telah terjadi selama bertahun-tahun dan merupakan bagian sejarah hidup partisipan yang bisa dijadikan pelajaran dan tuntunan bagi orangtua anak penyandang autis yang belum berhasil diterapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman orangtua anak penyandang autis setelah berhasil diterapi tersebut dan memberikan makna dari pengalaman itu. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif dan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi terhadap 7 orang partisipan yang diambil secara purposive sampling. Penelitian berlangsung di tempat tinggal partisipan dan sekolah autis pada tanggal 3 Juli 2010 - 20 Juli 2010. Hasil penelitian menunjukkan ada 8 makna pengalaman orangtua dalam merawat anak penyandang autis, yaitu kecurigaan terhadap penyimpangan perkembangan anak dimana orangtua mengenali penyimpangan pada anak usia 2 tahun, seharusnya bisa dipantau sebelum usia 1 tahun, upaya mencari informasi tentang kondisi anak secara medis dan non medis serta media informasi lainnya, reaksi emosional orangtua saat mengetahui anak terkena autis seperti kesedihan mendalam, tidak berdaya, dan menolak diagnosa, adanya penyesuaian diri yang baik pada orangtua sehingga dapat menerima keterbatasan anak, seluruh partisipan mengenali tanda dan gejala autis pada anak, adanya pemahaman potensi anak pada seluruh partisipan, diterapkannya home based therapy, dan seluruh partisipan mempersiapkan masa depan anak. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat menggali bagaimana pengalaman orangtua melakukan manajemen diri dan membagi kasih sayang dengan saudara kandung dari anak penyandang autis.
Kata kunci: pengalaman, orangtua, autis
Actions (login required)
|
View Item |