Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SUAMI TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK KILANGAN KOTA PADANG TAHUN 2011

S U R A T N O , RATNO (2011) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SUAMI TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK KILANGAN KOTA PADANG TAHUN 2011. Penelitian, Fakultas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (155Kb) | Preview

Abstract

Pemberian ASI eksklusif merupakan bentuk kepedulian orang tua akan nutrisi dan kesehatan anak sejak awal anak dilahirkan. Dukungan suami merupakan indikator pendukung keberhasilan program pemberian ASI eksklusif, untuk itu kesadaran suami agar mau melibatkan diri dalam hal pemberian dukungan suami kepada ibu selama proses pemberian ASI sejak awal kelahiran perlu ditingkatkan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan suami terhadap pemberian ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang tahun 2011. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasi menggunakan rancangan cross sectional study. Penelitian dari bulan Agustus 2010 sampai Juni 2011. Sampel diambil secara Random sampling menggunakan teknik cluster sampling dengan sampel 82 ibu. Data diperoleh menggunakan kuesioner. Analisa data univariat, bivariat menggunakan uji Chi Square dan analisa multivariat dengan uji logistic regression. Hasil penelitian diperoleh dua kategori dukungan suami positif yaitu dukungan instrumental dan penilaian dan dukungan suami dengan kategori negatif yaitu dukungan emosional dan dukungan informasional. Pada analisa bivariat diperoleh bahwa ada hubungan yang bermakna antara dukungan emosional, instrumental, informasional, dan penilaian suami terhadap pemberian ASI eksklusif. Pada analisa multivariat diperoleh bahwa dukungan penilaian adalah variabel yang paling tinggi kekuatan hubungannya terhadap pemberian ASI eksklusif dengan nilai (Exp{B}) = 0.119. Peneliti menyarankan agar tenaga kesehatan memperluas sasaran promosi kesehatan yang berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif yang melibatkan suami sebagai sasaran. Kata kunci : Pemberian ASI eksklusif, dukungan suami, dukungan penilaian.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 07 Oct 2012 12:49
Last Modified: 07 Oct 2012 12:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/18100

Actions (login required)

View Item View Item