Repository Universitas Andalas

PENGARUH LATIHAN FISIK TERSTRUKTUR TERHADAP HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK GINJAL DAN HIPERTENSI RSUP M DJAMIL PADANG

SEPRIATI, SEP (2011) PENGARUH LATIHAN FISIK TERSTRUKTUR TERHADAP HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK GINJAL DAN HIPERTENSI RSUP M DJAMIL PADANG. Penelitian, Fakultas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (119Kb) | Preview

Abstract

High Density Lipoprotein (HDL) kolesterol merupakan senyawa lipoprotein yang dapat menurunkan resiko atherosklerosis, Hipertensi, dan penyakit jantung koroner. Penelitian sebelumnya telah membuktikan penurunan Low Density Lipoprotein (LDL) kolesterol setelah latihan fisik, tetapi belum ada penelitian yang menjelaskan keterkaitan latihan fisik terhadap peningkatan HDL kolesterol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan fisik terstruktur terhadap nilai HDL darah pasien Hipertensi di Poliklinik Ginjal Hipertensi RSUP M Djamil Padang tahun 2011. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan the one group design with pretest and posttest. Sampel penelitian adalah 15 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya rata-rata peningkatan nilai HDL darah sebelum dan sesudah latihan fisik terstruktur sebesar 0,8 mg/dl, dan terdapat perbedaan signifikan antara nilai HDL darah sebelum dan sesudah latihan fisik terstruktur (p=0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah latihan fisik terstruktur dapat meningkatkan nilai HDL darah pasien Hipertensi. Dari hasil penelitian ini disarankan latihan fisik terstruktur dapat menjadi salah satu intervensi dalam asuhan keperawatan pasien Hipertensi. Kata kunci : latihan fisik, high density lipoprotein (HDL), Hipertensi. Daftar Pustaka 49 (1995 – 2010)

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 07 Oct 2012 12:48
Last Modified: 07 Oct 2012 12:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/18103

Actions (login required)

View Item View Item