Repository Universitas Andalas

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PENCEGAHAN PENULARAN TUBERKULOSIS PARUPADA KELUARGA DI KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN 2010

TITI, INFANTI (2011) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PENCEGAHAN PENULARAN TUBERKULOSIS PARUPADA KELUARGA DI KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN 2010. Penelitian, Fakultas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (98Kb) | Preview

Abstract

Tuberkulosis paru (TB Paru) adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberkulosis, yang ditularkan melalui udara yaitu percikan ludah, bersin dan batuk. Misi penanggulangan TB paru salah satunya adalah menurunkan resiko penularan yang dilaksanakan melalui pendidikan kesehatan. Berdasarkan studi wawancara peneliti pada data awal, sebanyak 8 orang penderita TB paru di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya tidak melakukan tindakan pencegahan penularan TB Paru dan bila ini dibiarkan akan beresiko menularkan pada anggota keluarga yang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan pencegahan penularan TB Paru di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya tahun 2010. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental dengan pendekatan one group pre-test post-test dan jumlah responden 27 orang, diambil secara total sampling. Data yang dikumpulkan data primer yang didapatkan melalui kuisioner dan observasi langsung pada responden. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan bahwa 88,9% penderita TB Paru pengetahuan baik, 74,1% sikap positif dan 85,2% tindakan baik terhadap pencegahan penularan TB Paru setelah dilakukan pendidikan kesehatan. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan yang bermakna terhadap perubahan pengetahuan (P=0,000), sikap (P=0,000) dan tindakan (P=0,000) penderita TB Paru tentang pencegahan penularan TB Paru. Petugas kesehatan di Puskesmas perlu meningkatkan pendidikan kesehatan pada penderita TB Paru tentang pencegahan penularan TB Paru sehingga akan meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan Penderita TB Paru dalam pencegahan penularan TB Paru. Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Pencegahan, Penularan.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 18 Oct 2012 11:00
Last Modified: 18 Oct 2012 11:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/18200

Actions (login required)

View Item View Item