Repository Universitas Andalas

Gambaran Tingkat Kecemasan (Anxiety) Suami Terhadap Tindakan Operasi Sectio Caesarea Yang Tidak Direncanakan di RSUP.DR.M.Djamil Padang Tahun 2010

AYU, SISKA (2010) Gambaran Tingkat Kecemasan (Anxiety) Suami Terhadap Tindakan Operasi Sectio Caesarea Yang Tidak Direncanakan di RSUP.DR.M.Djamil Padang Tahun 2010. Penelitian, Fakultas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (125Kb) | Preview

Abstract

Kecemasan dapat disebabkan oleh adanya ancaman terhadap diri sendiri ataupun terhadap orang-orang yang dicintai. Setiap individu akan mengalami tingkat kecemasan yang berbeda-beda terhadap stimulus yang sama. Tingkat kecemasan tergantung pada jenis perlakuan yang diterima dan kemampuan dalam menggunakan mekanisme koping. Dalam menghadapi persiapan dan tindakan operasi sectio caesarea banyak ditemui fenomena pasien dan suami atau keluarganya mengalami kecemasan yang dimulai dari cemas ringan sampai cemas berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan suami terhadap tindakan operasi sectio caesarea yang tidak direncanakan di RSUP.DR.M.Djamil Padang tahun 2010, yang dilakukan pada pada tanggal 3 Maret 2010 – 22 April 2010. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan jumlah sampel 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Tingkat kecemasan diukur dengan kuesioner yang telah baku Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A). Analisa data dilakukan secara univariat dengan distribusi frekuensi. Hasil univariat memperlihatkan Lebih separoh (56,67%) tindakan operasi sectio caesarea yang tidak direncanakan terjadi pada istri multigravida, lebih separoh (56,67%) suami mengalami tingkat kecemasan sedang, lebih separoh (53,85%) dari 13 suami pada istri primigravida mengalami tingkat kecemasan sedang dan lebih separoh (58,82%) dari 17 suami pada istri multigravida mengalami tingkat kecemasan sedang. Perlunya peran perawat untuk mengetahui dan mengidentifikasi masalah yang membuat suami cemas sehingga dapat melakukan intervensi yang tepat untuk mengurangi tingkat kecemasan dengan memberikan informasi yang lebih lengkap kepada suami.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 18 Oct 2012 11:02
Last Modified: 18 Oct 2012 11:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/18209

Actions (login required)

View Item View Item