Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN KOMPONEN KONSEP DIRI DENGAN KEJADIAN DEPRESI PADA PASIEN PASCA STROKE DI POLIKLINIK SARAF RSUP DR.M. DJAMIL PADANG

rahmi, sari (2013) HUBUNGAN KOMPONEN KONSEP DIRI DENGAN KEJADIAN DEPRESI PADA PASIEN PASCA STROKE DI POLIKLINIK SARAF RSUP DR.M. DJAMIL PADANG. penelitian .

[img] HTML
Download (69Kb)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Komponen Konsep Diri dengan Kejadian Depresi Pada Pasien Pasca Stroke di Poliklinik Saraf RSUP DR M.Djamil Padang Oleh: Rahmi Sarigumilan (1110324045), Gusti Sumarsih* dan Atih Rahayuningsih** *Pembimbing I, **Pembimbing II Stroke dapat mengakibatkan kehilangan fungsi fisik sehingga mengakibatkan terjadinya konsep diri negatif. Seseorang dengan konsep diri negatif akan cenderung mengalami tingkat depresi yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan komponen konsep diri dengan kejadian depresi pada pasien pasca stroke di Poliklinik Saraf RSUP DR M.Djamil Padang. Jenis penelitian adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi 164 orang dan sampel 63 orang, diambil secara Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner konsep diri dan kuesioner BDI. Hasil analisa univariat didapatkan 55,6% pasien mengalami depresi, 50,8% pasien memiliki gambaran diri positif, 54% memiliki ideal diri positif, 52,4% memiliki harga diri tinggi, 50,8% memiliki peran diri positif,dan 58,7% memiliki identitas diri positif. Hasil analisa bivariat dengan uji Spearman didapatkan hubungan bermakna antara komponen konsep diri dengan kejadian depresi dengan kekuatan sedang-kuat dan arah positif, dimana p=0,000-0,002 dan r=0,377-0,597. Hasil penelitian ini menyarankan kepada pihak RS agar menyediakan format khusus pengkajian psikologis bagi perawat di poliklinik, membentuk group sesama pasien pasca stroke dan bekerjasama dengan perawat dalam menentukan terapi nonfarmakologi yang tepat bagi pasien yang mengalami konsep diri negatif dan depresi. Kata kunci: pasca stroke, komponen konsep diri, depresi Daftar Pustaka : 67 (2000-2012)

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Vindy Adiguna M.Kom
Date Deposited: 13 Jun 2013 05:54
Last Modified: 13 Jun 2013 05:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/18823

Actions (login required)

View Item View Item