Repository Universitas Andalas

PENGARUH RASIO KEUANGAN BANK TERHADAP PENYALURAN KREDIT MODAL KERJA (Studi Pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010)

Dwi , Fitria (2014) PENGARUH RASIO KEUANGAN BANK TERHADAP PENYALURAN KREDIT MODAL KERJA (Studi Pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (2155Kb) | Preview

Abstract

PENGARUH RASIO KEUANGAN BANK TERHADAP PENYALURAN KREDIT MODAL KERJA (STUDI PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2008-2010) Skripsi S-1 Oleh: Dwi Fitriani Pembimbing: Dra. Sri Dewi Edmawati, M.Si, Ak Abstrak Perbankan merupakan bagian yang sangat penting dalam perekonomian, salah satunya sebagai lembaga intermediasi yang tugasnya menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio keuangan bank terhadap penyaluran kredit modal kerja pada bank umum di Indonesia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 15 perusahaan perbankan yang memenuhi kriteria. Objek penelitiannya adalah data keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2010. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan auditan dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio likuiditas yang diproksikan melalui Cash Ratio, dan Loan to Deposit Ratio (LDR), rasio solvabilitas yang diproksikan melalui Primary Ratio dan Capital Adequacy Ratio (CAR) serta rasio rentabilitas yang diproksikan melalui Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA) dan Asset Utilization berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja. Hasil estimasi dari model yang digunakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas mampu menjelaskan tingkat penyaluran kredit modal kerja sebesar 20,4%. Keyword: Penyaluran Kredit Modal Kerja, Cash Ratio, LDR, Primary Ratio, CAR, NPM, ROA dan Asset Utilization Skripsi telah dipertahankan di depan sidang penguji dan dinyatakan lulus pada tanggal 07 Januari 2012, dengan penguji : Tanda Tangan 1. 2. Nama Terang Drs. H. Fauzi Saad, MM, Ak Dra. Sri Dewi Edmawati, M.Si, Ak Mengetahui, Ketua Jurusan Akuntansi : DR. Yuskar, SE, MA, Ak NIP. 196009111986031001 Tanda tangan Alumnus telah mendaftar ke fakultas dan telah mendapat Nomor Alumnus: Petugas Fakultas / Universitas Andalas No Alumni Fakultas Nama: Tanda tangan: No Alumni Universitas Nama: Tanda tangan:

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 10 Apr 2014 12:01
Last Modified: 10 Apr 2014 12:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19206

Actions (login required)

View Item View Item