Repository Universitas Andalas

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK GUANO DAN PUPUK HIJAU TITHONIA (Tithonia diversifolia ) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt)

AMRIZAL, ARIF (2014) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK GUANO DAN PUPUK HIJAU TITHONIA (Tithonia diversifolia ) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (149Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian dalam bentuk percobaan tentang pengaruh pemberian pupuk organik guano (kotoran kelelawar) dan pupuk hijau tithonia (Tithonia diversifolia) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea mays saccharata Sturt) telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Lahan Basah Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang, yang berada pada ketinggian sekitar ±240 m dpl. Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mendapatkan dosis pupuk guano dan pupuk hijau tithonia terbaik serta untuk mendapatkan interaksi antara dosis pupuk guano dengan pupuk hijau tithonia terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Penelitian ini disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) berpola faktorial, dengan 2 faktor. Faktor pertama terdiri dari 4 macam dosis pupuk guano dan faktor kedua pemberian 4 macam dosis pupuk hijau tithonia. Data hasil pengamatan dianalisis secara stastistik dengan uji F pada taraf nyata 5 %. Apabila F hitung lebih besar dari F tabel 5 % maka dilan¬jutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Kedua faktor perlakuan adalah faktor pertama (A) yaitu: A1 = 0 ton/Ha, A2 = 10 ton/Ha, A3 = 15 ton/Ha, A4 = 20 ton/Ha sedangkan faktor kedua (B) yaitu: B1 = 0 ton/Ha, B2 = 10 ton/Ha, B3 = 15 ton/Ha, B4 = 20 ton/Ha. Variabel yang diamati adalah saat muncul tanah, tinggi tanaman, diameter batang, umur keluar bunga jantan dan keluar bunga betina, panjang tongkol berkelobot, panjang tongkol tidak berkelobot, panjang tongkol berisi, diameter tongkol, bobot tongkol, serta bobot berangkasan segar tanaman jagung manis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian beberapa dosis pupuk guano dan pupuk hijau tithonia memberikan interaksi terhadap semua variabel pengamatan kecuali pada variabel pengamatan saat muncul tanah. Dosis 20 ton/Ha pupuk guano dan 20 ton/Ha pupuk hijau tithonia merupakan dosis terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Kata kunci : Jagung manis, pupuk organik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QK Botany
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agronomy
Depositing User: Nur Hafizah Faisal
Date Deposited: 10 Apr 2014 12:07
Last Modified: 10 Apr 2014 12:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19242

Actions (login required)

View Item View Item