Repository Universitas Andalas

UJI BEBERAPA VARIETAS TANAMAN PADI ( Oryza sativa L. ) TERHADAP HAMA KEONG MAS (Pomaceae canaliculata Lamarck) (Mollusca ; Ampullariidae)

Tomson, Rudi (2014) UJI BEBERAPA VARIETAS TANAMAN PADI ( Oryza sativa L. ) TERHADAP HAMA KEONG MAS (Pomaceae canaliculata Lamarck) (Mollusca ; Ampullariidae). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Download (384Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang uji beberapa varietas tanaman padi (Oryza sativa L.) terhadap hama keong mas (Pomaceae canaliculata Lamarck) (Mollusca ; Ampullariidae) telah selesai dilaksanakan di lahan sawah petani di Kelurahan Limau Manis Selatan Kecamatan Pauh Padang Sumatera Barat dari bulan Desember 2011 sampai Mei 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan varietas yang tahan terhadap serangan hama keong mas. Penelitian ini terdiri dari dua tahap percobaan dan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 8 perlakuan dan 3 kelompok. Perlakuannya adalah varietas yang umum ditanam di Sumatera Barat yaitu varietas IR 66, Cisokan, IR 42, Kuriek Kusuik, Batang Piaman, Anak Daro, Caredek Merah dan Junjuang. Satuan percobaanya berupa petakan sawah dengan ukuran 1 x 1 m² yang berisi 25 rumpun tanaman padi dan diberi 6 ekor keong mas pada tahap percobaan pertama (uji ketahanan varietas terhadap keong mas), sedangkan pada tahap percobaan kedua (preferensi keong mas terhadap varietas) satuan percobaanya adalah petakan sawah dengan ukuran 2 x 2 m² yang berisi 16 rumpun tanaman padi, yang masing-masing varietas terdiri dari 2 rumpun dan diberi 30 ekor keong mas. Parameter yang diamati adalah persentase serangan keong mas, intensitas serangan keong mas, dan produksi. Data dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua varietas yang diuji tidak ada yang tahan terhadap serangan hama keong mas tetapi varietas junjuang dan varietas kuriek kusuik lebih tahan dibandingkan dengan varietas lain yang diuji. Kata kunci : Keong mas, varietas, ketahanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: Putri Sakinah Iput
Date Deposited: 10 Apr 2014 12:09
Last Modified: 10 Apr 2014 12:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19247

Actions (login required)

View Item View Item