Repository Universitas Andalas

PENINGKATAN LAJU DISOLUSI MELOKSIKAM DENGAN TEKNIK CO-GRINDING (PENGGILINGAN BERSAMA) MENGGUNAKAN HYDROXYPROPYL METHYLCELLULOSE (HPMC) 6 CPS

SHERRY WITARSAH, AGNESIA (2014) PENINGKATAN LAJU DISOLUSI MELOKSIKAM DENGAN TEKNIK CO-GRINDING (PENGGILINGAN BERSAMA) MENGGUNAKAN HYDROXYPROPYL METHYLCELLULOSE (HPMC) 6 CPS. Other thesis, Fakultas Farmasi.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab1)
Download (12Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian terhadap efek penggilingan dari meloksikam sebagai contoh obat yang sangat sukar larut dalam air dengan polimer hidrofilik hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) 6 cps menggunakan alat penggiling bola terhadap laju disolusi meloksikam. Perbandingan jumlah obat terhadap polimer hidrofilik yaitu 1:1, 1:3, dan 1:5. Interaksi dalam keadaan padat dari campuran co-ground dan campuran fisika dievaluasi dengan difraksi sinar-X serbuk, analisis termal (DTA), SEM, dan analisis spektroskopi FT-IR. Uji disolusi dilakukan menggunakan aparatus USP tipe II. Hasil dari difraksi sinar-X serbuk menunjukkan bahwa campuran co-ground meloksikam dan HPMC menurunkan derajat kristalinitas meloksikam. Puncak endotermik meloksikam dari campuran co-ground bergeser ke temperatur yang lebih rendah dan intensitas puncaknya menurun secara signifikan. Difrkasi sinar-X serbuk dan analisis DTA mengindikasikan adanya perubahan meloksikam dari bentuk kristal menjadi bentuk amorf dengan penggilingan bersama menggunakan HPMC. Hasil SEM memperlihatkan meloksikam dan HPMC pada campuran co-ground membentuk aglomerat. Spektrum FT-IR menunjukkan tidak terjadi interaksi kimia antara meloksikam dan HPMC dalam campuran co-ground. Laju disolusi paling tinggi ditunjukkan oleh campuran co-ground meloksikam dan HPMC (rasio 1:3) dibandingkan terhadap meloksikam murni, meloksikam grinding, dan campuran fisik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Fakultas Farmasi
Depositing User: Agustiadi rd agustiadiRudi
Date Deposited: 10 Apr 2014 12:06
Last Modified: 10 Apr 2014 12:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19251

Actions (login required)

View Item View Item