Repository Universitas Andalas

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao. L) DAN POTENSI PENGEMBANGAN DI KECAMATAN MALALAK KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT

Hendri, Danni (2014) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao. L) DAN POTENSI PENGEMBANGAN DI KECAMATAN MALALAK KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Daftar Isi)
Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (83Kb) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.) telah dilakukan di Kecamatan Malalak Kabupaten Agam dan Laboratorium Jurusan Tanah Universitas Andalas Padang, mulai April sampai Juni 2012. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menentukan tingkat kesesuaian lahan kelas sampai sub kelas untuk tanaman Kakao (Theobroma cacaoL), (2) menentukan potensi suatu daerah dalam pengusahaan tanaman Kakao(Theobroma cacao L.) di Kecamatan Malalak Kabupaten Agam, (3) dan membuat peta kesesuaian lahan tingkat semi detil untuk tanaman Kakao (Theobroma cacao L.). Penelitian dilakukan dalam tahap survai pada tingkat semi detail dengan skala peta 1 : 50.000, pengambilan contoh pewakil diambil berdasarkan Peta Satuan Lahan dengan menggunakan metoda Overlay dan pengklasifikasian evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman kakao di Kecamatan Malalak Kabupaten Agam dilakukan dengan metoda matching yaitu membandingkan nilai kualitas dan karakteristik lahan sebagai parameter dengan kriteria kelas kesesuaian lahan yang telah disusun sesuai persyaratan penggunaan atau persyaratan tumbuh tanaman yang pada dasarnya mengacu pada “Framework for Land Evaluation” FAO, 1976. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kelas kesesuaian lahan di Kecamatan Malalak Kabupaten Agam memiliki 3 kelas kesesuaian lahan dan 4 sub kelas yaitu kelas kesesuaian lahan Cukup Sesuai (S2), Sesuai Marginal (S3), dan Tidak Sesuai Permanen (N2) sedangkan sub kelas nya S2-wfm faktor kelebihan air (curah hujan), faktor pembatas retensi hara (KTK tanah) dan faktor pembatas potensi mekanisasi (lereng), S2-wfrm faktor kelebihan air (curah hujan), faktor pembatas retensi hara (KTK tanah), faktot pembatas media perakaran (kedalaman efektif) dan faktot pembatas potensi mekanisasi (lereng), S3-m faktor pembatas potensi mekanisasi (lereng), S3-me faktor pembatas potensi mekanisasi (lereng) untuk produksi tanaman Kakao.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Putri Sakinah Iput
Date Deposited: 10 Apr 2014 12:00
Last Modified: 10 Apr 2014 12:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19273

Actions (login required)

View Item View Item