Repository Universitas Andalas

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERBEDAAN PILIHAN MASYARAKAT BEROBAT KE RUMAH SAKIT PEMERINTAH DENGAN RUMAH SAKIT SWASTA DI KOTA PADANG

Haryani, Melly (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERBEDAAN PILIHAN MASYARAKAT BEROBAT KE RUMAH SAKIT PEMERINTAH DENGAN RUMAH SAKIT SWASTA DI KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (373Kb) | Preview

Abstract

Dalam memilih berbagai pelayanan kesehatan masyarakat memiliki hak untuk menentukan sarana berobat yang diinginkan, dan mesti disesuaikan dengan keadaan ekonomi maupun kebutuhan sendiri. Di Kota Padang adanya penurunan kunjungan berobat di rumah sakit pemerintah dan peningkatan kunjungan berobat di rumah sakit swasta. Penulis meneliti bagaimana Perbedaan pilihan berobat masyarakat yang dipengaruhi oleh pendapatan rumah tangga, tingkat pendidikan kepala rumah tangga, jumlah anggota rumah tangga, pelayanan dan fasilitas rumah sakit dengan menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menemukan bahwa pendapatan dan pelayanan rumah sakit yang berpengaruh signifikan secara statistik pada tingkat kesalahan 5% terhadap perbedaan pilihan berobat. Hasil berbeda dengan beberapa penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa tingkat pendidikan dan asuransi kesehatan berpengaruh terhadap pilihan layanan kesehatan swasta. Maka bagi masyarakat yang berpendapatan tinggi akan memilih rumah sakit yang memberikan pelayanan yang memuaskan. Keywords : Perbedaan pilihan berobat masyarakat, Rumah Sakit Pemerintah, Rumah Sakit Swasta, Regresi Logistik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 14 Apr 2014 01:18
Last Modified: 14 Apr 2014 01:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19315

Actions (login required)

View Item View Item