Repository Universitas Andalas

ANALISIS MANFAAT PELAKSANAAN BLM-PUAP OLEH LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS TERHADAP USAHATANI PADI SAWAH ANGGOTA (STUDI KASUS : LKM-A AGRO FLORIS PRIMA GAPOKTAN AGRO FLORIS KEC. KOTO TANGAH KOTA PADANG)

Putra, Puja (2014) ANALISIS MANFAAT PELAKSANAAN BLM-PUAP OLEH LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS TERHADAP USAHATANI PADI SAWAH ANGGOTA (STUDI KASUS : LKM-A AGRO FLORIS PRIMA GAPOKTAN AGRO FLORIS KEC. KOTO TANGAH KOTA PADANG). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Daftar Isi)
Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Download (275Kb) | Preview

Abstract

ANALISIS MANFAAT PELAKSANAAN BLM-PUAP OLEH LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS TERHADAP USAHATANI PADI SAWAH ANGGOTA (STUDI KASUS : LKM-A AGRO FLORIS PRIMA GAPOKTAN AGRO FLORIS KEC. KOTO TANGAH KOTA PADANG) Skripsi S1 Oleh :Puja Pratama Putra, Pembimbing : Dr.Ir. EndryMartius, M.Sc,danIr.DwiEvaliza, M.Si ABSTRAK Penelitian ini mengkaji pelaksanaan kegiatan simpan-pinjam BLM-PUAP dan manfaatnya terhadap kegiatan usahatani padi sawah anggota Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan melalui key informan yang terdiri dari: a) Penyelia Mitra Tani (PMT); b) Penyuluh Pendamping; c) Pengelola LKM-A; dan d) Pengurus Gapoktan. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang petani anggota LKM-A Agro Floris Prima yang mengusahakan usahatani padi sawah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan simpan-pinjam BLM-PUAP oleh LKM-A dan menganalisis manfaat BLM-PUAP bagi aktivitas usahatani padi sawah anggota. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa secara keseluruhan proses pelaksanaan kegiatan simpan-pinjam BLM-PUAP di LKM-A Agro Floris Prima telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan Pedoman Umum PUAP. Hal ini dibuktikan dengan proses penetapan prosedur dan persyaratan yang mudah, bunga pinjaman cukup ringan dan berdasarkan ketetapan bersama, proses pelaksanaan simpan-pinjam yang berjalan lancar, tidak terjadinya kemacetan dalam pengembalian pinjaman. Selanjutnya terdapat perubahan sumber modal usahatani petani responden setelah adanya penyaluran dana PUAP di LKM-A Agro Floris Prima, dimana sebelum adanya dana PUAP, petani responden selain menggunakan modal sendiri juga menggunakan pinjaman modal dari rentenir. Namun setelah adanya penyaluran dana PUAP, penggunaan pinjaman modal mampu memutus ketergantungan petani terhadap rentenir yang bersifat eksploitatif. Selain itu jika dibandingkan dengan rekomendasi pemakaian input-input produksi, setelaha danya BLM-PUAP masih belum ada perbaikan berarti terkait penggunaan dari rentenir menjadi berkurang karena pinjaman dari LKM-A input-input produksi sesuai dengan rekomendasi yang ada. Hal ini berdampak pada produksi padi sawah petani yang belum sesuai dengan standar produksi potensial produksi padi sawah disana. Sehubungan dengan hasil penelitian tersebut, disarankan LKM-A Agro Floris Prima untuk melakukan kerja sama dengan lembaga keuangan lain agar semakin berkembang karena keberadaannya yang cukup berpotensi serta melakukan pembinaan terhadap anggota agar pelaksanaan kegiatan simpan-pinjam dapat lebih baik lagi. Disamping diharapkan pemerintah dapat memperpendek jalur birokrasi pencairan program bantuan agar dapat terealisasi dan digunakan sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Putri Sakinah Iput
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:42
Last Modified: 12 Apr 2014 04:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19321

Actions (login required)

View Item View Item