Repository Universitas Andalas

PENGARUH TINGKAT PENCAMPURAN TEPUNG TAPIOKA DENGAN DAGING IKAN LELE (CLARIAS BATRACHUS) TERHADAP KARAKTERISTIK NUGGET IKAN LELE (Comparative Effect of Catfish and Tapioca Flour on Nugget Characteristic

Elviyana, Elviyana (2014) PENGARUH TINGKAT PENCAMPURAN TEPUNG TAPIOKA DENGAN DAGING IKAN LELE (CLARIAS BATRACHUS) TERHADAP KARAKTERISTIK NUGGET IKAN LELE (Comparative Effect of Catfish and Tapioca Flour on Nugget Characteristic. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (218Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan judul “Pengaruh Tingkat Pencampuran Tepung Tapioka dengan Daging Ikan Lele (Clarias Batrachus) terhadap Karakteristik Nugget Ikan Lele” telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian dan Laboratorium Non Ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Andalas dari bulan Januari sampai Maret 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbandingan tepung tapioka dengan daging ikan lele terhadap karakteristik nugget lele yang dihasilkan. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari tiga perlakuan dan tiga ulangan. Data pengamatan dianalisis dengan uji F kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey Honestly Significant Difference (Tukey-HSD) pada taraf nyata 5 %. Perlakuan pada penelitian ini adalah perbandingan daging ikan lele dengan tepung tapioka dengan perlakuan adalah A= 75 : 25, B= 85 : 15, C= 95 : 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan tepung tapioka dengan daging ikan lele berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar lemak, kadar protein, kadar abu, kadar karbohidrat, dan daya serap minyak. Perbandingan tepung tapioka dengan daging ikan lele yang terbaik adalah dengan perbandingan 75:25, baik sebelum maupun setelah digoreng terhadap kadar air (47,03 % dan 35,95 %), kadar lemak (2,23 % dan 6,23 %), kadar protein (18,72% dan 12,32 %), kadar abu (2,34 % dan 1,43 %), dan kadar karbohidrat (29,68 % dan 34,09 %), serta pengujian organoleptik terhadap warna, aroma, dan rasa yang berada pada taraf suka, sedangkan terhadap tekstur dengan penilaian biasa. Daya serap minyak sebesar 3,98 % , dan analisa lempeng total 4,2 x 104 . . Kata kunci : nugget, ikan lele, tepung tapioka, karakteristik nugget.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Nur Hafizah Faisal
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:51
Last Modified: 12 Apr 2014 04:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19350

Actions (login required)

View Item View Item